Wuling Air ev Cocok buat Belajar Nyetir

berkat dimensinya yang mungil, Wuling Air ev diklaim enak untuk dijadikan sebagai kendaraan saat belajar mengemudi

Wuling Air ev Cocok buat Belajar Nyetir
Photo: Trenoto

TRENOTO – Wuling Air EV hadir dengan ukuran mungil, berbeda dari kebanyakan mobil yang menjamur di Tanah Air. Berdasarkan data, kendaraan listrik pertama Wuling di Indonesia ini memiliki dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm dan tinggi 1.631 mm.

Meski berukuran kecil dan berkapasitas 4 orang dewasa, pabrikan mobil asal China ini optimis bahwa Air ev bisa mendapat tempat khusus di hati masyarakat Indonesia. Pasalnya kendaraan dinilai cocok untuk mereka yang mobilitasnya di daerah perkotaan maupun sedang belajar mengemudi.

Hal ini disampaikan oleh Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors Indonesia beberapa waktu lalu. Menurutnya, dimensi yang kompak akan memudahkan pengemudi melakukan manuver berkendara di jalanan.

Photo : Trenoto

“Bila sedang belajar mengemudi, biasanya yang menjadi perhatian adalah kemampuan manuvernya seperti parkir atau mundur. Nah kalau ukurannya kompak maka kekhawatiran tersebut akan sedikit hilang karena mobilnya enak diajak manuver,” terangnya.

Ukuran kompak tersebut pun disokong oleh harga relatif kompetitif bila dibandingkan kendaraan listrik lainnya. Mereka menjual Air ev hanya dengan harga Rp250 juta hingga Rp300 juta sehingga menjadi model termurah di antara mobil listrik lainnya.

Walau demikian, Wuling tetap memberi beragam fitur-fitur unggulan untuk pelanggan. Salah satunya adalah IoV yang berfungsi agar Air ev bisa lebih terhubung dengan pemilik melalui aplikasi MyWuling+ pada smartphone.

Photo : Trenoto

Melalui aplikasi maka pengguna bisa mengakses beberapa fitur dan mengendalikannya dari jarak jauh. Fitur yang bisa digunakan meliputi mengunci dan membuka kunci pintu, membuka serta menutup kaca jendela hingga mendinginkan kabin melalui AC.

Keunggulan lain adalah pengemudi tidak perlu menggunakan kunci atau menekan tombol start stop untuk menyalakannya. Mereka cukup masuk dan menekan pedal rem hingga cluster muncul tulisan ready yang artinya mobil siap digunakan.

Dengan segala keunggulannya, Wuling pun siap mengirimkan 300 unit Air ev untuk keperluan G20 di Bali pada November 2022. Penyelenggaraan tersebut tentu akan menjadi ajang pembuktikan perfoma dari mobil sekaligus kesiapan pemerintah dalam menyambut era kendaraan listrik.

Artikel Terkait