Wuling Zhengcheng, Si Penantang Hiace dengan Harga Lebih Murah

Wuling menghadirkan Zhengcheng sebagai MPV bertubuh besar dan menantang Toyota Hiace sebagai kendaraan komersial

Wuling Zhengcheng, Si Penantang Hiace dengan Harga Lebih Murah
Photo: GM Authority

TRENOTO – Wuling merilis Zhengcheng di China sebagai kendaraan multifungsi yang bisa dijadikan alternatif menyaingi Toyota Hiace jika masuk Tanah Air.

Hadir dengan bentuk MPV (Multi Purpose Vehicle), Zhengcheng juga bisa dijadikan kendaraan niaga karena kapasitasnya yang besar. General Motors selaku rekanan SAIC Motor dan Liuzhou Wuling di China berupaya untuk memperkuat posisinya di segmen ini.

Zhengcheng bisa mengangkut hingga 9 penumpang sehingga kemampuannya mirip dengan Toyota Hiace. Kendaraan jenis ini cukup laris sebagai armada travel dan saat ini dikuasai oleh Hiace.

Bentuk MPV bongsor asal China tersebut juga cukup mirip yang identik mengotak. Hal ini guna mendapatkan ruang kabin luas untuk banyak penumpang.

 Disebut bongsor karena kendaraan ini memiliki panjang 5.150 mm, lebar 1.840 mm dan tinggi 1.895 mm.  Sementara sumbu roda kendaran mencapai 3.180 mm, cukup panjang sehingga memungkinkan penumpang di dalamnya merasakan kenyamanan.

Photo : GM Authority

Mobil ini menggunakan pintu geser di bagian samping, sehingga memudahkan proses keluar maupun masuknya penumpang. Namun tentunya pintu tersebut belum memiliki kemampuan membuka maupun menutup secara otomatis.

Mesin Wuling Zhengcheng

Bicara dapur pacu, kendaraan ini ditawarkan hanya dalam satu pilihan mesin yakni 1.500 cc empat-silinder turbocharged. Semburan tenaganya bisa menghasilkan tenaga 146 hp dengan torsi 250 Nm.

Semuber daya tersebut kemudian disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan. Dikatakan bahwa konsumsi bahan bakar kendaraan ini mencapai 7.6 km per 100 kilometer.

Meskipun tenaganya dianggap mumpuni, nampaknya akan kalah bersaing urusan konsumsi bahan bakar dengan pesaingnya yakni Hiace yang bermesin diesel.

Hal yang paling menarik dari kendaraan-kendaraan Wuling adalah harganya yang di bawah pasaran. Wuling Zhengcheng dipasarkan dengan harga mulai dari 167.2 juta.

Adapun kendaraan ini ditawarkan dalam 4 varian dan pilihan warnanya meliputi abu-abu, putih dan hitam. Wuling juga menawarkan warna two tone yang terdiri dari High Energy Green, Surging Blue, WVariegated Brown da Mobile Yellow.

Dikatakan bahwa dengan memuat 7 hingga 8 penumpang, Wuling Zhengcheng masih memiliki ruang penyimpanan sebesar 1.737 liter. Jika kursi belakang dicopot, volumenya menjadi 2.480 liter.

Artikel Terkait