4 Modifikasi Royal Enfield Classic di Negara Asalnya

Modifikasi Royal Enfield Classic yang dilakukan 4 rumah modifikasi di India memberikan inspirasi bagi pelanggan

4 Modifikasi Royal Enfield Classic di Negara Asalnya
Photo: rideapart

TRENOTO – Royal Enfield custom world program terus menantang para modifikator untuk menumpahkan ide kreatifnya. Kali ini pabrikan motor tersebut menggelar Royal Enfield Classic REimagined project.

Empat motor Royal Enfield Classic diberikan kepada 4 modifikator andal di India. Harapannya unit tersebut bisa menjadi kanvas putih yang kosong bagi keempat rumah modifikasi terpilih.

Modifikasi Royal Enfield memiliki tantangan tersendiri karena bentuk motornya sudah klasik. Banyak modifikator yang tidak bisa berpaling dari nilai luhur motor sebagai produk bergaya lawas.

Adalah Rajputana Custom Motorcycles, Neev Motorcycles, Old Delhi Motorcycles Co dan MS Customs dipercaya menangani motor tersebut. Mereka menumpahkan idenya masing-masing sehingga melahirkan tunggangan unik.

  1. Rajputana

Photo : rideapart

Royal Enfield Classic racikan Rajputana Custom Motorcycles mengusung tema timeless classic. Ia mengambil inspirasi dari motor-motor RE lainnya di masa lalu.

Sentuhan yang membuat motor terlihat semakin klasik adalah penggunaan suspensi depan model girder. Sementara suspensi belakangnya menggunakan model sporti.

Guna menambah kesan klasik pada motor bernama Gaur ini disematkan dua perangkat rem teromol. Lalu beberapa sentuhan kustom seperti tangki BBM, boks penyimpanan dan pijakan kaki.

  1. Neev

Photo : rideapart

Royal Enfield Classic garapan Neev menggunakan konsep Bobber. Motor berkelir hitam dan berlabur aksen seperti emas.

Neev membuat tangki bbm kustom dengan bentuk layaknya daun. Lalu rumah modifikasi tersebut juga disematkan swingarm menemani spakbor belakang yang dirancang khusus.

Jok motor tersebuthanya bisa menampung satu orang dan dibuat dari bahan kulit dan dijahit secara menggunakan tangan.

Baca juga : Mitsubishi Pajero Sport Dakar Eks Dokter Drop Rp68 Juta

  1. Old Delhi

Photo : rideapart

Rumah modifikasi satu ini menggarap Royal Enfield Classic menggunakan konsep paling lawas. Karena mereka membuat motor dengan tambahan sespan.

Kuda besi berkelir Orange dan putih tampil semakin jadul adanya sespan. Dinamakan Dili, kendaraan modifikasi tersebut dikatakan tribut untuk roh dan jiwa Royal Enfield.

Perangkat kustom yang dijejalkan pada motor ini mencakup headlamp cowl, handlebar riser, new taillamp dan single seat. Suspensinya juga menggunakan model serupa dengan Gaur.

  1. MS

Photo : rideapart

Bengkel modifikasi satu ini nampaknya tidak terlalu banyak bermain pada kustomisasi. Terlihat pada tangki bahan bakar yang masih menggunakan bawaan pabrik.

MS Customs hanya fokus pada pengecatan motor berikut sentuhan grafis mencolok. Mereka mengubah jok dengan tampilan lebih sporti dan dibalut kulit berkelir coklat.

Insprasinya dikatakan mengacu pada desain motor era 60-an.

Artikel Terkait