Kompetisi Audio Mobil ASC 2022 Cetak Rekor Baru

ASC 2022 merupakan kompetisi audio mobil yang menjadi wadah para pelaku industri dan modifikator di Indonesia

Kompetisi Audio Mobil ASC 2022 Cetak Rekor Baru
Photo: Istimewa

TRENOTO – Menjadi wadah pelaku inudtri maupun penghobi audio mobil di Tanah Air, ASC (Amoplus Sound Competition) 2022 sukses digelar. Kompetisi audio mobil ini bahkan mencetak rekor baru.

Berlangsung di Meikarta Distrik I, Cikarang, Jawa Barat pada 23 – 24 Juli 2022, ASC 2022 diikuti banyak peserta. Adapun kompetisi ini menggunakan regulasi milik Asosiasi IASCA (International Auto Sound Challange Association).

Tercatat peserta datang dari berbagai daerah seperti Purwokerto, Brebes, Tasikmalaya, Bandung, Banyumas, Serang, Tangerang lalu tidak ketinggalan Cikarang dan Jakarta.

Photo : Istimewa

Kompetisi akan semakin bergengsi apabila menghadirkan nama-nama beken sebagai jurinya. Pada ASC 2022 juri yang ditunjuk piawai di bidangnya seperti Maslim Djanuarto, Iwan Zulkarnaen (kode), Koko Ayung, Doni Duta dan Harten Widjaja.

ASC 2022 juga didukung oleh brand kenamaan meliputi Daihatsu, Momentum, Pioneer, Venom Audio, ESB Audio, Gramond Audio Technology, Performa, Rockford Fosgate, Helix dan MB Quart.

Dalam kompetisi tersebut terdapat beberapa kategori yakni SQ dan SQL. Kemudian setiap kategorinya dipilah berdasarkan budget sehingga persaingan akan terasa lebih sengit.

Untuk kategori SQ dibagi kelas Pro Rp40 juta, Pro Rp100 juta, Pro Rp150 juta, Pro FFA, Pro DSP Rp30 juta dan Pro DSP Rp60 juta.

Baca juga : IMX 2022 Bakal Pajang Mobil Bekas OLX Autos

Lalu untuk kategori SQL diberikan kesempatan untuk pemain baru, meskipun pemain lama tetap diberikan wadah. Masing-masing kelas dibagi dalam dua kelas yang dibedakan dalam penggunaan subwoofer.

Adapun kelasnya dinamakan SQL Beginner 2 Sub, Master 2 sub dan Master 4 sub. Kemudian terdapat kelas khusus SQL yang bertajuk The Damn of Venomous Class Dual Subwoofer.

Selayaknya kontes audio, output yang dihasilkan haruslah indah terutama pada kategori SQ (Sound Quality). Dalam kompetisi ini, persaingan di setiap kelas menjadi seru karena nilai tonal dikali tiga setiap poin penilaian.

Photo : Istimewa

“Antusias peserta dalam menaklukkan regulasi cukup sengit baik di ranah SQ maupun SQL. Hasil tonal dikali tiga sehingga suara yang disajikan dari tiap mobil nyaman didengar dari jarak ideal di setiap kelas,” tutur pihak penyelenggara dalam siaran resminya (29/07).

Pada kategori SQL besaran desibel (dB) mencetak rekor baru. Melalui metode pengukuran di berbagai kelas yakni 2.500 watt, 5.000 watt dan unlimited watt.

Berdasarkan penuturan panitia, dengan menggunakan jarak pengukuran mic 10 cm dari lubang boks subwoofer. Salah satu peserta mampu meraih mencetak 160 dB yang merupakan rekor baru.

Artikel Terkait