Modifikasi CVT Honda Vario Mulai Rp100 Ribuan

Modifikasi CVT Honda Vario menjadi salah satu cara untuk menigkatkan performa seperti yang dilakukan YR Custom

Modifikasi CVT Honda Vario Mulai Rp100 Ribuan
Photo: Trenoto

TRENOTO – Banyak cara untuk meningkatkan performa motor matic terutama Honda Vario. Salah satunya adalah dengan melakukan modifikasi pada sektor ‘kirian’ atau Continuously Variable Transmission (CVT).

Langkah ini menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang menginginkan akselerasi lebih dari motor standar. Salah satu yang menawarkan jasa modifikasi CVT adalah bengkel YR Custom.

Photo : Trenoto

Mereka sudah lama dikenal bisa melakukan modifikasi CVT Honda Vario. Selain itu juga berbagai perubahan pada komponen transmisi bisa dilakukan.

Mulai dari kerok jalur roller hingga mengkarter mangkok kampas ganda. Semua langkah tersebut bisa dilakukan sebagian atau seluruhnya, semua tergantung dengan biaya yang dimiliki.

Selain itu, YR Custom juga menyediakan komponen CVT yang sudah tidak standar lagi. Kalian bisa membeli mangkok kampas ganda dan pully yang sudah dimodifikasi, jadi tidak perlu menunggu proses perubahannya.

"Produk yang disedian biasanya bisa ngilangin gredek sama ningkatin performa di CVT, jadi tarikannya tambah enak, lebih responsif dan top speed tambah tinggi serta nyaman untuk dikendarain," ujar Ivan, owner dari YR Custom saat ditemui.

Baca Juga: Perbedaan Oli Mesin dan Gardan pada Motor Matic

Ivan menerangkan kalau banyak pelanggannya yang datang untuk melakukan modfikasi CVT Honda Vario mereka. Namun hanya melakukan perubahan ringan saja.

"Kalau yang ringan biasanya turunin berat roller terus ganti per CVT itu yang pertama, tapi kalau mau sekalian dirubah sudut pully depannya sama dikerok buat ningkatin akselerasi,” lanjutnya.

"Kemudian mangkoknya bisa juga dibolongin supaya lebih bersih kampas gandanya dari debu-debu jadi engga gampang gredek," Ivan menambahkan.

Untuk biayanya sendiri YR Custom tidak mematok harga terlalu tinggi. Anda bisa melakukan modifikasi CVT Honda Vario mulai Rp40 ribu hingga paling mahal Rp300 ribu.

YR Custom juga tidak hanya menerima modifikasi cvt dari Honda Vario. Mereka menerima segala jenis motor mulai dari 110cc hingga 250cc.

Photo : Astra Honda Motor

"Kalau beli part dari saya beda motor beda harga ya, jadi kalau kaya umumnya Vario mulai Rp280 ribu atau Nmax harganya Rp310 ribu untuk di pully, kalau mangkok semuanya sama Rp230 ribu itu udah dilobangin dan dikartel," tutur Ivan.

Untuk informasi, bengkel YR Custom berada di Jalan Alternatif Cibubur. Mereka mulai beroperasi mulai 10.00-17.00 WIB.

Sekadar informasi modifikasi mesin kendaraan memang bisa meningkatkan performa. Namun perlakuan tersebut bisa memperpendek umur komponen yang pada akhirnya merugikan konsumen.

Artikel Terkait