Modifikasi Daihatsu Sirion Ala Doraemon, Pakai Butterfly Doors

Sejumlah modifikator memamerkan mobilnya di ajang DDeC 2022. Ada modifikasi Daihatsu Sirion bergaya racing.

Modifikasi Daihatsu Sirion Ala Doraemon, Pakai Butterfly Doors
Photo: TrenOto

TRENOTO – PT Astra Daihatsu Motor kembali menggelar ajang Daihatsu Dress-up e-Challenge secara hybrid pada 3 – 4 Desember 2022. Ada sejumlah mobil hasil modifikasi yang dipajang di tempat pelaksanaan di Mall Ancol Beach City, Jakarta.

Salah satunya adalah mobil milik modifikator asal Tegal, Gunawan. Pada kesempatan ini ia memamerkan modifikasi Daihatsu Sirion baik eksterior maupun interiornya. Mengusung konsep racing look, Sirion tersebut dihias dengan berbagai aksesoris karakter Doraemon bernuansa biru.

Menggunakan stiker bernuansa biru-hitam dan butterfly doors, mobil tersebut terlihat mencolok di antara jajaran mobil modifikasi lainnya. Uniknya lagi, ada beragam aksesoris Doraemon yang diletakkan pada mobil tersebut.

Photo : TrenOto

Mulai dari action figure yang ditempelkan pada bagian dasbor, ukiran karakter Doraemon pada bagian head rest, hingga bagian bagasi yang ditambahkan dengan speaker serta lebih banyak lagi action figure karakter Doraemon. Pada bagian atas mobil, Gunawan memasangkan sunroof.

Ia mengatakan, seluruh proses modifikasi tersebut membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Sejumlah komponen yang ditambahkan pada mobil juga dipasang sendiri, seperti bracket untuk kedua pintu depan yang berkonsep butterfly doors sehingga pintu bisa dibuka ke atas.

Sedangkan untuk bagian mesin, Gunawan mengatakan ia sama sekali tidak menyentuh atau memodifikasi komponen tersebut. Ia lebih berfokus pada tampilan mobil.

Keinginan Gunawan untuk melakukan modifikasi mobil bermula di tahun 2016. Sama seperti kebanyakkan modifikator lain, bagian pertama yang ia rombak adalah pelek mobil.

Lalu untuk mengikuti kontes-kontes modifikasi lain, ia menggunakan mobil yang sama dengan desain modifikasi yang berbeda-beda. Pergantian desain pada unit yang sama memiliki kelemahannya tersendiri.

“Contoh ketika kita ceperin mobil, risikonya tidak nyaman. Tapi sensasinya orang modifikator rasanya ya tetap enak,” ucap Gunawan di sela-sela acara Daihatsu Dress-up e-Challenge 2022 di Ancol Jakarta, Sabtu (3/12).

Selama menekuni hobi modifikasi, ia mengaku sudah berhasil memenangkan sejumlah kontest. Totalnya ia telah mengumpulkan hingga enam piala.

Sebagai informasi, ajang modifikasi Daihatsu Dress-up e-Challenge merupakan acara tahunan Daihatsu yang sudah diselenggarakan selama sembilan kali sejak 2014. Pada tahun 2020 – 2021, lomba diselenggarakan secara online akibat kondisi pandemi.

Photo : TrenOto

Saat ini, kompetisi berlangsung secara hybrid dan menantang modifikator tidak hanya di Indonesia namun juga Malaysia. Ekspansi kontest dilakukan karena tingginya minat dan keinginan modiifkator untuk mempercantik kendaraannya.

“Tahun ini, Daihatsu Dress-up e-Challenge mencatatkan peserta total sebanyak lebih dari 1.000 unit baik dari modifikator dari Indonesia, maupun Malaysia. Hal ini menunjukkan antusiasme tinggi dari para peserta dalam mengikuti program ini,” ucap Masato Harada, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor.

Artikel Terkait