Modifikasi Mercedes G 500 buat Off Road, Siapkan Rp2 Miliar

Modifikasi Mercedes G 500 tersebut memasangkan roda rantai berbentuk segitiga. Harga pemasangannya sangat mahal.

Modifikasi Mercedes G 500 buat Off Road, Siapkan Rp2 Miliar
Photo: Motor1

TRENOTO – Modifikasi mobil umumnya dilakukan untuk mempercantik tampilan kendaraan atau menambah performa mesin. Tidak heran modifikasi menjadi salah satu hobi yang digemari di kalangan pengguna mobil.

Modifikator di Jerman yakni Delta 4x4 melakukan modifikasi Mercedes G 500 dengan mengganti ban konvensionalnya menjadi roda rantai. Penggunaan roda rantai diklaim membuat mobil bisa dikendarakan di saat cuaca bersalju ekstrem.

Dikutip dari Motor1, Delta 4x4 sebelumnya sudah melakukan berbagai modifikasi ekstrem untuk kebutuhan off road. Beberapa di antaranya merupakan unit mobil mewah, seperti Tesla dan Rolls Royce.

Photo : Motor1

Misalnya, mengkonversi Suzuki Jimny dengan poros portal untuk off road ekstrem. Delta 4x4 juga pernah memodifikasi overlander Rolls-Royce Cullinan, meninggikan suspensi dan menambahkan tenda pada bagian atap mobil.

Pada Mercedes G-Class tersebut, Delta 4x4 memasangkan lift suspensi setinggi 20 cm dan menyesuaikan ukuran spakbor, sehingga roda rantai tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Bahkan di pegunungan Swiss pun, modifikasi ekstrem ini bisa jadi tidak berguna untuk kebanyakkan waktu. Namun, trek tersebut ternyata bisa dilepas-pasang sehingga bisa tetap dipakai menggunakan ban konvensional selama musim panas.

Baca juga: Modifikasi Tesla Hampir Rp100 Juta Bikin Lebih Ngacir

Dari sisi harga, modifikasi ini terbilang sangat mahal. Pemilik perlu merogoh kocek sebanyak 50.000 poundsterling, atau setara dengan Rp943.6 juta termasuk part dan pemasangan.

Selain biaya modifikasi, seluruh komponen tersebut harus melalui homologasi atau persetujuan dari otoritas resmi terkait standar kendaraann di Swiss. Ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan, kira-kira hampir sebesar biaya modifikasi itu sendiri.

Rinciannya biaya pengecekkan upgrade suspensi 19000 poundsterling (Rp358.6 juta) dan 20000 poundsterling (Rp377.5 juta) untuk komponen ekstra seperti modifikasi bemper depan, roof rack, dan set roda tambahan.

Jika digabungkan seluruhnya, modifikasi Mercedes G-Class ini memakan biaya 139 ribu poundsterling, setara dengan kira-kira Rp 2.62 miliar. Sebagai perbandingan, di negara tersebut unit Mercedes G 500 dibanderol mulai dari 132 poundsterling (Rp2.45 miliar).

Secara keseluruhan, proses modifikasi hingga pengecekan unit tersebut memakan biaya lebih dari harga unit mobil itu sendiri.

 

Artikel Terkait