Pilihan Toyota Kijang Innova Bekas Mulai Rp 100 Jutaan
31 Maret 2024, 10:39 WIB
modifikasi Toyota Kijang Innova untuk drag race dilakukan dengan optimal, hingga menggunakan 2 turbo guna catatkan hasil terbaik
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Memodifikasi kendaraan tentunya harus dilakukan dengan konsep dan tujuan yang tepat. Salah sedikit maka harapan dari melakukan modifikasi tersebut bisa salah arah dan tentunya akan merugikan.
Terlebih bila modifikasi dilakukan adalah untuk menghadapi dunia balap yang tentu tujuan akhirnya sangat jelas yaitu mencatatkan waktu terbaik. Pada modifikasi jenis ini, perfoma kendaraan akan didorong semaksimal mungkin.
Salah satunya adalah RJ Napitupulu dari Speedcraft Indonesia yang memodifikasi Toyota Kijang Innova miliknya menjadi berperfoma tinggi. Tak tanggung-tanggung, Ia langsung memasangkan dua 2 turbo pada mobil tersebut.
“Konsepnya adalah drag dan merupakan mobil pertama kami yang menggunakan biturbo. Masih menggunakan mesin 2-KD tapi sudah dipasangkan NOS, turbo 2 buah serta water intercoolernya sudah memakai freon, jadi memang benar-benar dibuat untuk drag,” ungkapnya.
Ia pun mengaku bahwa pengembangan dilakukan dengan waktu cukup lama, sekitar 2-3 tahun. Hal ini karena Ia sempat kesulitan menemukan racikan tepat untuk mobilnya tersebut.
“Pengembangannya cukup lama, sekitar 2-3 tahun karena memang tidak kami kerjakan setiap hari. Tapi kami memang terus mencari racikan yang pas dan modifikasi terus menerus agar mendapatkan hasil terbaik,” tambahnya.
Namun waktu yang dibutuhkan tersebut pun berdampak positif karena hasil pengembangannya menorehkan prestasi menarik di drag race. Tercatat, mobil kesayangannya berhasil mendapatkan 7.6 detik untuk kelas 201 meter dan 12.7 detik untuk 402 meter.
“Saat ini untuk mobil bermesin 2-KD, kami masih menjadi yang terbaik,” tegasnya.
Selain pada mesin, ubahan pada sisi lain sebenarnya tidak terlalu banyak. Pada sisi eksterior misalnya, Toyota Kijang Innovanya masih terlihat standar kecuali pada bagian roda yang sudah disesuaikan untuk drag race.
Sementara pada bagian interior, tampilannya juga tidak banyak perubahan kecuali pada speedometer serta beberapa tambahan tuas untuk digunakan saat balap. Sedangkan pada bagasi dijadikan sebagai tempat untuk meletakkan NOS.
“Toyota Kijang Innova untuk drag race ini sudah tidak saya gunakan lagi di keseharian, jadi benar-benar untuk balapan saja. Ketika ke lintasan pun saya membawanya menggunakan towing,” pungkasnya.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
31 Maret 2024, 10:39 WIB
26 Maret 2024, 10:00 WIB
03 Maret 2024, 07:00 WIB
05 Februari 2024, 16:45 WIB
22 Januari 2024, 22:10 WIB
Terkini
26 April 2024, 21:00 WIB
Penjualan kendaraan listrik murni atau BEV tengah lesu, pabrik EV Hyundai akan mulai produksi mobil hybrid
26 April 2024, 20:00 WIB
Penjualan Suzuki Maret 2024 naik 14 persen dibanding bulan sebelumnya berkat XL7 Hybrid yang laris manis
26 April 2024, 19:25 WIB
Merujuk data dari rilis resmi KFA, gaji Pratama Arhan mencapai Rp 9 miliar atau setara dengan Hyundai Ioniq 6
26 April 2024, 19:16 WIB
Dua model hadir buat konsumen Indonesia, ini spesifikasi GAC Aion Y Plus yang bakal jadi rival BYD Atto 3
26 April 2024, 17:12 WIB
Hyundai Ioniq 6 direcall karena adanya kesalahan pemasangan baut dan bisa menyebabkan kerusakan lebih luas
26 April 2024, 17:04 WIB
Harga Vespa Rizky Ridho mulai Rp 30 jutaan saja, seperti ditemukan KatadaOTO di laman jual beli motor bekas
26 April 2024, 15:00 WIB
Dipakaikan tambahan bodykit bergaya offroad mirip Ford Ranger Raptor, ini inspirasi modifikasi Toyota Hilux
26 April 2024, 12:00 WIB
Hyundai akui kualitas timnas U23 setelah kalahkan Korea Selatan di perempat final Piala Asia U23 2024