Sepeda Motor Jokowi Hadir di GIIAS 2021

Sepeda Motor Jokowi yang digunakan saat meresmikan sirkuit Mandalika hadir di GIIAS 2021 dan menyedot perhatian

Sepeda Motor Jokowi Hadir di GIIAS 2021
Photo: Trenoto

TRENOTO – Sepeda motor Jokowi yang digunakan saat meresmikan sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu hadir di GIIAS 2021. Sepeda motor ini ditampilkan di booth Parjo yang terletak di Hall 7, ICE BSD Tangerang.

Presiden Joko Widodo memang dikenal sebagai penggemar sepeda motor kustom. Ia sering menunjukkan kegemarannya dalam beberapa kesempatan termasuk di beberapa pameran otomotif. Bahkan Ia sempat melakukan kunjungan kerja menggunakan sepeda motor kustom ke Sukabumi di 2018.

Hobinya akan touring tersebut pun berdampak baik pada dunia modifikasi sepeda motor di Indonesia. Perkembangan sepeda motor kustom bergerak cukup positif, terlihat dari semakin banyaknya penghobi di Indonesia.

Sepeda motor Jokowi ini menggunakan basis dari Kawasaki W175 yang kemudian dimodifikasi oleh Katros Garage dengan konsep Chopper Racer. Dalam pengerjaannya, sepeda motor ini dilengkapi dengan fairing café racer sehingga terkesan membulat di bagian depan.

Menariknya lagi, logo RI-1 pun cukup mendominasi tampilan sepeda motor ini. Mulai dari depan, samping dan belakang. Tak hanya itu, terdapat emblem bertuliskan Jokowi dengan latar chequered flag di sisi tangki sehingga terlihat lebih sporty.

Meski tampilan eksterior berubah, tidak ada ubahan pada sektor mesin. Sepeda motor ini masih mengandalkan mesin berkapasitas 175cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 12.8 hp dan torsi sebesar 13.2 Nm.

Outfit Jokowi

Photo : Sepeda motor jokowi

Selain sepeda motor, pakaian Jokowi yang digunakan saat meresmikan sirkuit Mandalika pun ikut ditampilkan. Mulai dari helm, jaket, celana hingga sepatu dan cukup mendapatkan perhatian dari para pengunjung. Sama seperti sepeda motornya yang dibuat oleh modifikator lokal, pakaiannya juga merupakan buatan dalam negeri.

Jaket yang digunakan misalnya, merupakan buatan Rabbit and Wheels dari Bandung. Jaket ini hanya diproduksi sekitar 100 potong dan telah habis sejak dirilis. Padahal, harga jual dari jaket tersebut terbilang mahal karena mencapai Rp1.4 juta.

Sementara itu helm yang digunakan adalah RSV SV300. Helm ini juga merupakan buatan Bandung yang dibanderol Rp610.000. Sedangkan untuk untuk celananya adalah Continmoto Osiris Riding Pants. Celana ini dibuat di Cimahi, Jawa Barat dan dijual dengan harga Rp855.000.

Artikel Terkait