3 Ubahan Utama New Honda ADV 160 Dibandingkan Sebelumnya

Honda ADV 160 hadir dengan 3 ubahan utama yang menjadikan sepeda motor tersebut layak untuk menjadi pertimbangan sebelum dibeli

3 Ubahan Utama New Honda ADV 160 Dibandingkan Sebelumnya
Photo: Trenoto

TRENOTO – New Honda ADV 160 resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp36 juta untuk tipe CBS dan Rp39.25 juta di ABS. Kedua varian tersebut telah dilengkapi sejumlah pengembangan yang diklaim cukup untuk menarik minat pelanggan.

Persaingan di segmen skutik memang terbilang cukup ketat dibanding segmen lain. Tidak heran bila Astra Honda Motor (AHM) pun merasa perlu melakukan pengembangan agar tetap dapat bersaing di pasar.

Dari banyaknya pengembangan, setidaknya ada 3 ubahan utama dari sepeda motor ini yaitu mesin, posisi berkendara hingga desain khususnya ukuran windshield.

Berikut 3 Ubahan Honda ADV 160

  1. Mesin

Photo : Trenoto

AHM kini menyematkan mesin 160 cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 15.8 hp pada 8.500 rpm dan torsi 14.7 Nm pada 6.500 rpm.

Berdasarkan pengujian menggunakan metode WMTC-EURO 3, Honda ADV 160 memerlukan 1 liter bensin untuk menempuh perjalanan sejauh 45 km. Angka tersebut sedikit lebih boros bila dibanding sebelumnya yang dapat menempuh 46.6 km per liter.

“Meningkatnya konsumsi bahan bakar dikarenakan penggunaan mesin berkapasitas besar dan sudah 4 katup. Namun kenyamanan berkendara juga meningkat mulai dari perfoma serta berkurangnya getaran mesin,” ungkap Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM.

  1. Posisi Duduk

Photo : Trenoto

Posisi duduk juga dilakukan pengembangan agar lebih nyaman digunakan oleh masyarakat Indonesia. Jok nya kini dibuat lebih rendah 15 mm menjadi 780 mm sehingga posisi berkendara menjadi lebih nyaman.

Tak hanya itu, jok juga telah didesain ulang untuk memastikan kemudahan pengendara melakukan menuver di jalan. AHM juga mengklaim bahwa desain tersebut mendukung pengendaraan jarak jauh sehingga pengendara tidak mudah lelah.

  1. Windshield

Photo : Trenoto

Ubahan pada desain Honda ADV 160 yang paling mudah terlihat adalah pada windshield karena kini lebih besar dan dapat diatur ketinggiannya hingga 75 mm. Dengan demikian pengendara bisa menyesuaikan kebutuhannya saat berkenda.

Tak hanya itu, tampilan pada panel meter juga mendapat pengembangan baru. Pengendara bisa mendapatkan informasi putaran mesin (takometer/ rpm meter) hingga trip duration (elapsed time) dengan mudah.

Artikel Terkait