AHM Tunjuk Tiga Guru Inspiratif dengan Kreasi Mengajar Terbaik

Astra Honda Motor (AHM) menujuk tiga guru SMK yang inspiratif dalam memberikan pengajaran secara online di masa pandemi

AHM Tunjuk Tiga Guru Inspiratif dengan Kreasi Mengajar Terbaik
Photo: AHM

TRENOTO – Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan pemenang kontes kreativitas pembejaran guru online 2021. Ajang ini menjadi sumber inspirasi pada guru SMK untuk mengelola materi ajar yang menarik dan efektif bagi siswa.

Melalui SMK binaan AHM, kontes ini menuai hasil membanggakan. Adapun kontes ini diikuti oleh 2.007 tenaga pengajar SMK yang menerapkan kurikulum teknik dan bisnis sepeda motor (TBSM) Astra Honda.

Kontes ini sendiri telah dilangsungkan selama periode Juni – Agustus 2021 dan dikatakan minimal telah mengikuti pelatihan modul dasar. Ajang ini berhasil menyeleksi 27 guru terbaik perwakilan berbagai provinsi yang siap bersaing di level nasional.

Acara ini dihelat pada 23 – 28 Agustus 2021 secara daring dan akhirnya terpilih 3 guru inspiratif dengan kreasi mengajar terbaik. Juara pertama diraih oleh Hendri Nurcahyo dari SMK Negeri 1 Badegan, Ponorogo, Jawa Timur.

Lalu juara kedua didapatkan oleh Muhammad Furdi Hamdani dari SMK Negeri 7 Rejang Lebong, Bengkulu. Juara ketiga adalah Yosrin Tamangko dari SMKN 16 Samarinda, Kalimatan Timur.

Photo : AHM

“Sebenarnya yang saya lakukan hanya terus berupaya meningkatkan semangat belajar siswa meskipun secara daring. Namun melalui kontes ini, saya dapat mengasah keterampilan mengajar yang saya miliki,” kata Hendri, Guru Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Badegan, Ponorogo, Jawa Timur.

Juara pertama kontes ini diganjar dengan hadiah uang tunai sebesar Rp 8 juta. Lalu juara kedua Rp 6 juta dan Rp 4 juta untuk juara ketiga. Selain itu, seluruh peserta yang lolos seleksi nasional mendapatkan apresiasi berupa dana sebesar Rp 1 juta.

“Kami ingin terlibat langsung menjaga semangat belajar di dunia vokasi dengan kompetisi ini. Kami berharap ajang ini dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru yang lain dalam melakukan proses belajar dan mengajar efektif di masa pandemi,” ucap Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication AHM melalui siaran persnya (24/09).

Dalam menguji proses mengajar, para guru peserta kontes wajib membuat video bahan ajar berdurasi 30 menit dan membawakan materi ajar yang sesuai kurikulum SMK TBSM. Peserta dinilai berdasarkan materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.

Video terbaik diraih oleh Doan Suprobo dari SMK Muhammadiyah, Bambanglipurro, Yogyakarta. Atas prestasinya Ia mendapat paket spesial tools yang dapat digunakan saat melakukan praktek di sekolah.

Artikel Terkait