Aprilia SR GT 200 Sapa Indonesia Akhir Pekan Ini

Aprilia SR GT 200 dipastikan akan hadir di Indonesia pada akhir pekan ini dan menantang Honda ADV 160

Aprilia SR GT 200 Sapa Indonesia Akhir Pekan Ini
Photo: Paultan

TRENOTO – Aprilia SR GT 200 mengaspal di Indonesia akhir pekan ini (16/07). Produk terbaru dari Aprilia akan menjadi rival sepadan dari Honda ADV 160.

Sejak pertama kalinya diperkenalkan pada ajang EICMA 2021, Aprilia SR GT 200 telah mencuri banyak perhatian. Motor tersebut sebelumnya telah dipamerkan pada ajang MotoGP Mandalika 2022.

Namun pasar negara tetangga yakni Malaysia yang lebih dahulu bisa menikmati performa skutik Aprilia ini. Adapun motor jenis skutik Aprilia dipasarkan dengan banderol RM 19.900 atau Rp66.8 juta.

Photo : Paultan

Berdasarkan undangan yang diterima redaksi TrenOto, PT Piaggio Indonesia (PID) akan menghadirkan Aprilia SR GT. Melalui acara bertajuk ‘Your City Gets Sporty’, PID juga memberikan kesempatan awak media untuk mencoba performa kuda besi tersebut.

Aprilia SR GT 200 dibekali dengan mesin berkapasitas 174 cc satu silinder. Di atas kertas jantung pacu kendaraan mampu menghasilkan daya 17.4 hp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 16.5 Nm pada 7.000 rpm.

Mesin tersebut menyalurkan tenaga melalui transmisi CVT selayaknya motor jenis skutik lainnya. Transmisi jenis ini mentransfer tenaga lebih lembut sehingga berpengaruh pada kenyamanan.

Adapun handling kendaraan ditopang dengan suspensi depan Showa berdiameter 33 mm. Lalu peredam kejut belakangnya menggunakan model twin atau kembar.

Baca juga : Test Ride Honda ADV 160 Gesit Bermanuver, Tenaga Merata

Kendaraan ini menggunakan formasi ban belang yakni depan 14 inci ukuran 110/80. Sementara ban belakang 13 inci dengan ukuran 130/70.

Pelek motor menggunakan bahan alloy dengan desain menyerupai huruf Y terbalik. Material pelek terlihat lebih cocok untuk kendaraan perkotaan dan sesuai tagline yang disebutkan PID.

Namun Aprilia SR GT 200 memiliki tampilan layaknya kuda besi petualang. Lalu wujudnya juga didukung penggunaan ban model pattern dual purpose.

Photo : Paultan

Adapun sistem pengereman motor telah dibekali cakram hidrolik pada kedua rodanya. Berikutnya juga disematkan fitur ABS single channel untuk meminimalisir gejala slip.

Bobot kendaraan disebutkan mencapai 148 kilogram. Kapasitas tangki bahan bakar diklaim mencapai 9 liter dan memiliki ruang penyimpanan di bawah jok sebesar 25 liter.

Spesifikasi Aprilia SR GT 200 di atas sangat pantas untuk menjadikannya sebagai motor petualang nan tangguh.

Artikel Terkait