Aprilia SR GT Bakal Tekuk Honda ADV150

Aprilia SR GT hadir dengan menawarkan sensasi berkendara ala motor Eropa dan mesin bertenaga untuk para petualang

Aprilia SR GT Bakal Tekuk Honda ADV150
Photo: rideapart

TRENOTO – Pasar motor skutik adventure terus meluas penjualannya secara global. Tidak hanya Jepang, kini pabrikan motor Eropa juga ikut mencoba peruntungan.

Aprilia SR GT muncul pertama kalinya di hadapan publik pada ajang EICMA 2021. Skutik petualang ini menawarkan sensasi berkendara yang menyenangkan.

Skutik adventure sendiri mulai digemari karena memiliki tampilan lebih maskulin, namun tetap mudah dikendarai. Selain itu, daya jelajahnya juga lebih luas dibandingkan skutik jenis lainnya.

Pabrikan motor asal Italia tersebut menghadirkan dua varian Aprilia SR GT yang dibedakan dari volume mesinnya. Pilihan pertama adalah 125 cc dan satunya lagi 200 cc, keduanya memiliki ground clearance 175 mm.

Pada varian mesin 125 cc, Aprilia SR GT dibekali dengan mesin satu silinder yang diklaim mampu menghasilkan daya 14.75 hp pada 8.750 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 12 Nm pada 6.500 rpm.

Lalu Aprilia SR GT 200 menggendong mesin 174 cc satu silinder. Klaim tenaganya mencapai 17.43 hp pada 8.500 rpm dan torsi puncaknya 16.5 Nm pada 7.000 rpm.

Photo : rideapart

Disebutkan bahwa Aprilia SR GT 200 telah dibekali dengan mesin berlapis Nikasil coating. Desain piston juga dikatakan baru sehingga memaksimalkan pembakaran dan berimbas pada efisiensi.

Suspensinya menggunakan produk Showa pada depan berukuran 33mm dengan jarak travel 122 mm. Lalu pada belakang disematkan merek sama dengan fitur coil spring dan adjustable preload dan jarak travel 102 mm.

Lalu untuk pengereman dijejali piringan cakram berdiameter 260 mm depan dan 220 mm belakang.

Terlahir sebagai skutik, tentunya memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Disebutkan di bawah jok terdapat ruang untuk menampung barang seluas 25 liter. Klaim pabrikan mengatakan bagasinya bisa menampung helm full face.

Jika terasa masih kurang luas, Aprilia menawarkan paket aksesori berupa boks belakang yang berkapasitas 33 liter.

Fitur yang disematkan pada Aprilia SR GT termasuk lampu LED, windshield cukup tinggi, dan setang lebar yang nyaman. Fitur terakhir juga memudahkan konsumen menyertakan smartphone, GPS atau kamera aksi pada setang.

Bicara teknologi, Aprilia SR GT dilengkapi dengan LCD panel meter. Di dalamnya terdapat Aprilia MIA yang merupakan sistem konektivitas smartphone.

Artikel Terkait