Bajaj dan Husqvarna akan Produksi Motor Listrik Mulai Juni 2022

Bajaj dan Husqvarna akan berkolaborasi untuk memproduksi motor listrik mulai Juni 2022 dengan investasi cukup besar

Bajaj dan Husqvarna akan Produksi Motor Listrik Mulai Juni 2022
Photo: rideapart

TRENOTO – Motor listrik semakin menggeliat 2022. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya manufaktur yang menghadirkan kendaraan ramah lingkungan.

Secara global, cukup banyak pabrikan yang mulai mengenalkan motor listik unggulannya. Tidak berbeda kondisinya di Indonesia dengan hadirnya beberapa unit kendaraan roda dua bertenaga listrik.

Dalam skala global, industri otomotif China dan India memainkan peranan cukup penting untuk kendaraan listrik, terutama motor. Hal ini membuat banyak pabrikan motor asal Eropa melakukan kerjasama dengan produsen asal dua negara tersebut di atas.

Salah satunya adalah Bajaj dan Husqvarna yang merupakan anak perusahaan dari KTM. Mereka berkolaborasi dengan Bajaj untuk memproduksi motor listrik.

Bajaj sendiri diketahui merupakan pabrikan motor raksasa asal negeri Bollywood. Mereka memegang pangsa pasar paling besar di India.

Lalu disebutkan Bajaj telah berinvestasi cukup besar untuk mengembangkan motor listrik. Adapun produksinya merupakan motor listrik berbanderol murah yang akan dipasarkan pasa lokal maupun Asia hingga Eropa.

Kolaborasi Bajaj dengan Husqvarna tersebut nantinya akan menghadirkan unit bernama Vektorr.

Photo : rideapart

Dikatakan bahwa Bajaj menanamkan investasi sebesar 40 juta dolar AS untuk mendirikan fasilitas produksi motor listrik. Kapasitas produksi tahunannya disebutkan mencapai 500 ribu unit.

Pabrikan Bajaj ke depannya akan mengurus kendaraan mulai dari fabrikasi, perakitan, pengecatan hingga pengecekan kualitas produk. Kerjasama ini dikatakan akan membuka banyak lapangan pekerjaan baru.

Tentunya hal tersebut di atas merupakan peluang baru bagi masyarakat di India. Terutama setelah dihantam badai covid-19 selama dua tahun belakangan.

Pabrik motor listrik Bajaj sejatinya akan mulai beroperasi pada Juni 2022. Produk pertamanya akan mulai dipasarkan di India maupun negara tetangga.

Sayangnya kedua belah pihak masih belum membuka seluruh informasi tentang motor listrik pertamanya lebih jauh. Setidaknya model apa yang akan diperkenalkan masih dirahasiakan.

Selama ini Bajaj memiliki motor listrik yang diberi nama Chetak. Sementara Husqvarna pernah memamerkan motor listrik konsep bernama E-Pilen pada ajang IAA International Motor Show di Munich, Jerman pada 2021.

Artikel Terkait