Benelli VZ125i 2022 Saingi Honda Beat dan Yamaha Mio

Benelli VZ125i 2022 hadir untuk konsumen yang membutuhkan kendaraan roda dua praktis dengan harga terjangkau

Benelli VZ125i 2022 Saingi Honda Beat dan Yamaha Mio
Photo: Paultan

TRENOTO – Benelli memperkenalkan VZ125i Special Edition untuk menantang Honda Beat dan Yamaha Mio. Model ini ditawarkan dengan grafis dan warna baru dan mulai dipasarkan tahun depan.

Skutik entry level menjadi lumbung pemasukan produsen sepeda motor di Asia Tenggara. Bodi mungil nan praktis dan efisiensi tinggi, menjadi pilihan menarik bagi konsumen.

Selain dua keunggulan di atas, skutik ini juga ditawarkan dengan harga terjangkau. Tidak heran populasinya paling banyak di jalanan.

Dilansir dari Paultan.org, Benelli VZ125i 2022 hadir untuk pasar Malaysia tahun depan. Pilihan warnanya sekarang adalah kuning, merah coklat, dan biru muda.

Benelli VZ15i mengusung mesin satu silinder SOHC 124 cc 4-Tak dan berpendingin udara. Outputnya diklaim mencapai 8.4 hp pada 7.500 rpm dan torsi puncaknya 9.2 Nm pada 6.000 rpm.

Sebagai motor modern, proses pembakaran telah menggunakan sistem injeksi atau biasa disebut EFI. Fitur ini diandalkan untuk memperoleh penggunaan bahan bakar efisien.

Menyandang status sebagai edisi spesial, tidak ada penambahan fitur mendasar. Salah satunya lampu LED dan DRL yang masih dipertahankan bentuk dan fungsinya.

Photo : Paultan

Bagian kokpit motor juga masih menggunakan panel instrumen LCD. Adapun komponen tersebut menampilkan informasi penting seputar kendaraan meliputi spidometer, takometer hingga sisa bahan bakar dalam tangki.

Guna menopang kendaraan, Benelli menyematkan suspensi depan model teleskopik dari Kayaba. Sementara pada bagian belakang menggunakan model tabung dengan pengaturan untuk preload.

Untuk pengereman, dipasangkan jenis cakram pada bagian depan dan teromol untuk belakang. Rodanya berukuran 14 inci dengan ban berukuran 70/90-14 (depan), 80/90-14 (belakang), keduanya model tubeless.

Hadir sebagai kendaraan yang memadai di zaman modern, motor telah dibekali port USB. Namun letaknya di dalam bagasi alias di bawah jok.

Tidak disebutkan berapa jumlah kapasitas bagasinya. Namun pada umumnya ukuran bagasi skutik entry-level tidak besar mengingat dimensi kendaraan juga mungil.

Tempat penyimpanan barang pada bagian depan ada di sebelah kiri. Konsumen bisa memanfaatkannya untuk menyimpan botol minum atau power bank.

Benelli VZ125i dipasarkan 5.838 ringgit atau setara dengan Rp19.8 juta. Banderol ini lebih tinggi daripada Honda Beat maupun Yamaha Mio yang ditawarkan seharga Rp17 jutaan.

Artikel Terkait