TRENOTO – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali memperkuat komitmennya di dunia vokasi melalui peresmian Teaching Factory (TEFA) di SMK PGRI 2 Badung, Bali, Sabtu (2/12/2022). Bekerjasama dengan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), kompetensi para siswa akan dikembangkan dalam mempelajari bisnis layanan purna jual kendaraan roda dua.
Pos AHASS TEFA di SMK 2 PGRI Badung sendiri menjadi yang ke 7. Sebelumnya AHM telah meresmikan 6 pos AHASS TEFA di sekolah-sekolah di wilayah Bekasi-Jawa Barat, Takalar–Sulawesi Selatan, Bandar Lampung–Lampung, Banyuwangi–Jawa Timur, Sintang-Kalimantan Barat dan Tangerang–Banten.
Konsep TEFA sendiri hadir di sekolah SMK mitra binaan AHM yang telah memiliki status Grade A+ serta menjadi sekolah Tempat Uji Kompetensi (TUK). Selain sebagai Pos AHASS TEFA, sekolah memiliki sarana dan prasarana workshop dengan beragam fasilitas seperti ruang tunggu konsumen, jumlah pit minimal 2 hingga beberapa sarana pendukung lain layaknya bengkel resmi AHM.
“Pos AHASS TEFA merupakan bentuk pengenalan awal bagi peserta didik agar lebih siap menghadapi industri baik secara pengalaman, pengetahuan serta keterampilan yang dikemas dengan profesional. Kami berharap program ini dapat menghasilkan generasi muda unggul dan siap berkompetisi,” jelas Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication AHM.
Selain para siswa, AHM tentu melakukan pembekalan khusus terhadap guru-guru pembimbing sekolah yang mengimplementasikan TEFA. Para guru mendapat berbagai bekal pengetahuan seputar manajemen operasional serya layanan bengkel di di Safety Riding and Training Center AHM Cikarang, Jawa Barat.
Mereka juga dibekali materi pengetahuan peraturan ketenagakerjaan serta Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sebagai dasar pengelolaan SDM. AHM pun melengkapi dukungan pembinaannya dengan memberikan 125 sepeda motor Honda yang disalurkan sepanjang tahun ini kepada SMK binaan AHM di seluruh Indonesia.
Untuk diketahui, operasional AHASS TEFA di SMK PGRI 2 Badung akan dimonitor oleh AHASS Kembang Dewi Lestari demi menjaga kualitasnya proses kerja, hasil kerja dan suku cadang. Layanan purna jual yang dihadirkan ke konsumen mulai dari pengerjaan perawatan berkala, pergantian oli serta penggantian suku cadang sepeda motor Honda.