Bikin Vespa Bertenaga Listrik Biayanya Seharga Honda Beat

Membuat Vespa bertenaga listrik rupanya tidak membutuhkan modal terlalu besar karena sudah ada paket komponen yang lengkap

Bikin Vespa Bertenaga Listrik Biayanya Seharga Honda Beat
Photo: Trenoto

TRENOTO – Vespa bertenaga listrik mungkin masih jarang terdengar di Indonesia. Pasalnya, banyak pengguna Vespa jadul yang khawatir akan kehilangan keunikan dan sejarah dari sepeda motor tersebut.

Apalagi Piaggio Indonesia masih belum memberikan tanda-tanda akan menghadirkan Vespa Eletrrica ke Tanah Air. Vespa bertenaga listrik tersebut pertama dikenalkan di EICMA 2019 dan mengusung banyak teknologi terkini.

Kondisi tersebut sejatinya adalah wajar karena selama ini penggemar Vespa jadul selalu berupaya untuk mempertahankan keaslian kendaraan mereka. Semakin orisinil Vespa yang dimiliki maka akan semakin berharga nilainya. Kalaupun ada yang memodifikasi Vespa, maka sifatnya adalah restorasi untuk mengambalikan ke bentuk aslinya.

Padahal, mengubah Vespa bertenaga listrik bukanlah hal terlarang. Terlebih ubahan yang dilakukan hampir tidak terlihat dari luar sehingga kesan retro dari Vespa jadul masih bertahan dan tetap unik. Ubahan tersebut bahkan justru menguntungkan karena perfoma Vespa akan menjadi lebih baik.

Photo : Trenoto

Salah satu workshop yang memiliki kemampuan untuk mengubah Vespa jadul menjadi bertenaga listrik adalah Elders Elettrice. Mereka menjanjikan pekerjaan tersebut dapat diselesaikan hanya dalam hitungan jam.

“Ada 2 paket yang bisa dipilih untuk mengubah Vespa jadul menjadi bertenaga listrik yaitu Speedster dan Duro. Kedua paket tersebut memiliki keunggulannya masing-masing dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan,” ungkap Hidayat dari Elders Elettrice di GIIAS 2021.

Paket Speedster, terdiri dari baterai lithium-ion berkapasitas 24 Ah serta motor listrik Elettrico V2 berkekuatan 3Kw. Dengan ini maka Vespa mampu berakselerasi hingga 80 km/jam dan menempuh jarak hingga 75 km dalam Eco Mode. Pengisian daya dari 0 hingga 100 persen diperlukan waktu 5 jam. Paket ini dijual dengan harga Rp25.8 juta.

Namun bila harga tersebut terlalu mahal maka paket Duro bisa menjadi pilihan menarik. Pasalnya, paket ini ditawarkan dengan harga hanya Rp18.5 juta. Paket ini terdiri dari baterai lithium-ion berkapasitas 19Ah dan motor listrik Electtrico V1. Kombinasi ini membuat Vespa dapat melaju hinngga 55 km/jam dan menempuh perjalanan sejauh 45 km dalam mode Eco. Pengisian daya dari 0 hingga 100 persen diperlukan waktu 4 jam.

“Untuk lama pengerjaan hanya 3 jam saja. Pelanggan juga akan diberikan garansi selama 3 bulan dari pemasangan,” pungkas Hidayat.

Artikel Terkait