Cara Mudah Merawat Rem Cakram Pada Motor

Menjadi komponen penting pada sepeda motor, begini cara mudah merawat rem cakram agar berfungsi optimal

Cara Mudah Merawat Rem Cakram Pada Motor
Photo: 123RF

TRENOTO –  Merupakan komponen penting pada sepeda motor, rem berfungsi untuk mengontrol kecepatan dan memberhentikan laju kendaraan. Menjadi salah satu jenis yang banyak digunakan saat ini, terdapat beberapa cara merawat rem cakram agar kinerjanya berjalan optimal.

”Fungsi rem tentunya sangat penting dalam melancarkan aktivitas berkendara sepeda motor. Jika kinerja rem terganggu, maka dapat membahayakan keselamatan berkendara pengguna motor,” kata Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Sedikitnya terdapat tiga hal penting yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan, tak kecuali memperhatikan minyak rem secara rutin.

“Karena itu kami memberikan beberapa cara perawatan khususnya rem cakram agar mendukung kelancaran aktivitas menggunakan motor,” tuturnya. 

Photo : 123RF

Untuk lebih jelasnya, berikut tiga cara merawat rem cakram versi Yamaha.

  1. Lakukan pengecekan dan penggantian minyak rem secara berkala

Rutin memeriksa kanvas rem atau mengganti minyak rem bermanfaat untuk menjaga  kinerja rem cakram lebih optimal. Umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun atau ketika motor telah mencapai jarak 24 ribu kilometer.

Terlepas dari itu, pemilik kendaraan juga perlu memperhatikan warna dari minyak rem apakah sudah mengalami perubahan menjadi semakin gelap sehingga harus segera diganti.

  1. Membersihkan kaliper

Rem yang juga dikenal dengan nama hidrolik ini juga harus dibersihkan secara rutin, khususnya pada bagian kaliper. Bersifat terbuka, banyak debu dan kotoran ikut menempel pada kanvas atau piston ketika pemilik menggunakan kendaraan di jalan.

Photo : 123RF

Kondisi ini tentu berpengaruh pada kinerja rem. Karena kotor rem biasanya tak berfungsi secara maksimal, sehingga  lakukan pembersihan perlu dilakukan secara rutin.

Saat handle rem terasa berat saat ditekan, pemilik juga perlu melakukan pemeriksaan atau mengganti seal master rem bagian atas. Jangan lupa hubungi bengkel resmi terdekat untuk melakukan perawatan dan penggantian komponen pada bagian tersebut.

  1. Pastikan kaliper dalam kondisi baik

Efek yang cukup terasa apabila kaliper bermasalah ialah turunnya kualitas pengereman serta kerja handle rem. Biasanya pengendara akan kesulitan menggunkana komponen karena tiba-tiba menjadi berat atau tak berfungsi. Hal ini tentu menimbulkan resiko kecelakaan.

Karena itu, pastikan kaliper pada motor dalam kondisi baik serta lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel resmi terdekat.