Gajah Tunggal Jual Ban IRC Tanpa Bungkus Plastik

Gajah Tunggal Tbk tidak lagi menggunakan pembungkus plastik pada produk-produk buatannya guna melindungi lingkungan

Gajah Tunggal Jual Ban IRC Tanpa Bungkus Plastik
Photo: GT

TRENOTO – PT Gajah Tunggal Tbk kini memasarkan ban motor IRC dan Zeneos tanpa pembungkus plastik. Hal ini dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam hal pengurangan pemakaian plastik.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 yang menetapkan target pengurangan sampah (termasuk sampah plastik yang sangat mencemari lingkungan), hingga 30 persen pada 2025.

Aturan tersebut juga sejalan dengan Sustainable Development Goals Perserikatan Bangsa-bangsa dalam upaya mensejahterakan masyarakat. Di mana salah satunya berperan aktif dalam melindungi lingkungan.

“Pengurangan pemakaian plastik diterapkan secara bertahap pada produk ban motor IRC dan Zeneos mulai November 2021. Meskipun tanpa plastik, namun kualitas tidak akan berubah,” ucap Leonard Gozali, HOD Marketing PT Gajah Tunggal Tbk.

Sebelumnya, kebijakan Gajah Tunggal untuk meninggalkan bungkus plastik sudah diterapkan pada ban mobil GT Radial. Hal ini terbukti tidak mengurangi kualitas dan ban mobil yang dipasarkan.

Untuk memberikan lingkungan yang lebih baik, Gajah Tunggal sendiri telah melakukan berbagai inisiatif. Melalui peran Research and Development, mereka menghasilkan produk ramah lingkungan yakni IRC Ecotrax dan ban mobil GT Radial Champiro Ecotec.

Kedua produk tersebut diklaim mampu menghemat konsumsi bahan bakar dari kendaraan. Keduanya dikatakan memiliki tujuan untuk masa depan berkelanjutan dengan memperhatikan tiga faktor sentral yakni lingkungan, sosial dan tatakelola.

Photo : GT

Faktor tersebut di atas lebih dikenal secara global dengan Enviromental, Social and Governance (ESG).

Tidak hanya itu, Gajah Tunggal juga melakukan penghijauan kawasan pabrik dan mengolah limbah untuk memastikan tidak terjadi pencemaran lingkungan.

Hal ini juga dikatakan merupakan komitmen untuk mewujudkan ekosistem bisnis yang peduli akan kelangsungan hidup, demi masa depan yang lebih baik. Disebutkan juga langkah-langkah yang telah ditempuh sesuai dengan slogan Gajah Tunggal yakni Better Business, Better World.

Penggunaan sampah plastik juga sudah mulai ditinggalkan oleh banyak produsen ban lainnya di seluruh dunia. Pembungkus plastik pada ban mobil maupun motor, selama ini tidak memegang peranan penting pada kualitas sebuah produk.

Namun seiring dengan adanya aturan tentang pengurangan penggunaan plastik dengan alasan menjaga lingkungan, pembungkus ban berbahan plastik mulai dihilangkan.

Artikel Terkait