Harga Royal Enfield Scram 411 Bergaya Scrambler Rada menggemaskan

Royal Enfield Scram 411 nenjadi motor petualang baru di India, punya beragam keunggulan dan harganya cukup menggemas

Harga Royal Enfield Scram 411 Bergaya Scrambler Rada menggemaskan
Photo: RideApart

TRENOTO – Royal Enfield Scram 411 datang dengan platform mesin LS-410. Disebut merupakan pengembangan dari model Himalayan dan motor terbaru ini mengusung gaya scrambler.

Seperti dilansir Rideapart, Jumat (18/3/2022), Royal Enfield Scram 411 dibekali mesin satu silinder SOHC berkapasitas 411 cc. Dengan bore dan stroke 78 mm x 86 mm, sumber tenaga ini memiliki sistem pendingin udara.

Dari spesifikasi disebutkan bahwa memiliki tenaga maksimal 24,3 hp pada 6.500 rpm dan torsi tertinggi 32 Nm di rentang putaran 6.500 rpm. Dan dikawinkan dengan gearbox atau transmisi 5 kecepatan.

Sama dengan Royal Enfield Himalayan 2022, memiliki sistem suspensi depan garpu teleskopik 41 mm dan monoshock 180 mm untuk sisi belakang. Dan sebagai penyeimbang tenaga dilengkapi sistem pengereman yang sama persis dengan milik Himalayan 2022.

Di bagian depan terdapat floating caliper 2 piston serta rem cakram 300 mm sementara belakang floating kaliper piston tunggal dan rem cakram 240mm. Performa rem juga diperkuat oleh dual channel ABS (Anti Lock Braking System).

Meski suspensi yang dibenamkan serupa dengan Himalayan, namun motor ini memiliki ban depan lebih kecil. Tak heran, ground clearance Scram 411 turun menjadi 200 mm. Untuk diketahui, Scram 411 dilengkapi  roda depan berukuran 19 inci dan roda belakang 17 inci plus tentu ban dual sport yang siap diajak berpetualang.

Photo : RideApart

Royal Enfield menyebut bahwa model terbarunya ini memiliki ukuran yang seusai dengan rata-rata orang Asia. Ketinggian kursinya 795 mm atau setara dengan 31,2 inci atau lebih rendah 5 mm dari milik Himalayan 2022.

Meski tak memiliki kaca depan, Scram 411 mendapat penutup logam kecil di sekitar lampu bagian depan. Selain itu, hadirnya dua selubung kecil di sekitar tangki membuat identitas motor petualang Royal Enfield semakin kental

Calon pembeli Royal Enfield Scram 411 juga disuguhkan dengan 7 pilihan warna. Mulai dari White Flame, Silver Spirit, Blazing Black, Skyline Blue, Graphite Red, Graphite Blue hingga Graphite Yellow.

Di India motor bergaya Scrambler ini ditawarkan dengan harga bervariasi, tergantung skema catnya. Yang termurah dibanderol 2,03 lakh rupee atau setara dengan Rp38 jutaan dan termahal 2,08 lakh rupee atau setara Rp39 jutaan, boleh dibilang cukup menggemaskan jika harga tersebut ditawarkan di Indonesia.

Terkait ekspor, Royal Enfield nampaknya masih enggan berkomentar banyak. Namun, besar kemungkinan pabrikan akan menjual Scram 411 mengingat kesuksesan model Himalayan di beberapa negara lain.

Artikel Terkait