Honda ADV 160 Kedatangan Rival Berpenampilan Persis

Honda ADV 160 mendapat rival dari Eropa yakni Orcal Arios 125 dan keduanya sama-sama menawarkan keunggulan

Honda ADV 160 Kedatangan Rival Berpenampilan Persis
Photo: Orcal

TRENOTO – Honda ADV 160 baru saja diluncurkan (01/07) dengan mengusung berbagai penyegaran. Motor bergenre petualang tersebut baru saja mendapatkan rival yakni Orcal Arios 125.

Sepeda motor asal Perancis ini cukup menarik perhatian karena tampilannya mirip pas waktu IMMS Honda ADV 160. Mulai dari bodi hingga beberapa komponen lainnya cukup identik.

Jika pada umumnya manufaktur yang kerap melakukan penjiplakan berasal dari China, memang sudah saatnya mengutamakan kesenangan datang dari benua Eropa.

Orcal diketahui merupakan produsen motor yang fokus dalam menghadirkan kendaraan khusus komuter. Tidak hanya itu, wujud kuda besi buatannya banyak menyasar gaya neo-retro.

Photo : Orcal

Namun Orcal Arios 125 berbeda dari kedua fakta di atas. Dilihat sekilas saja sudah bisa dipastikan bahwa ini adalah skutik petualang.

Karena kapasitas mesin tidak terlalu besar, skutik petualang mengincar pada biker pemula di Eropa. Adapun jantung pacunya 124 cc satu-silinder yang didukung sistem injeksi bahan bakar milik Bosch.

Dapur mekanis kendaraan juga mengandalkan sistem pendingin cairan untuk menjaga performa tetap optimal. Lalu output dari kendaraan sendiri disebutkan mencapai 14.6 hp dan torsi puncaknya 11.8 Nm.

Sebagai motor petualang tentunya harus memiliki kaki-kaki yang kokoh. Pada bagian depan dipasangkan suspensi teleskopik dan belakangnya dua suspensi model tabung.

Jarak travel suspensi depan disebutkan mencapai 115 milimeter. Ini merupakan jarak yang cukup panjang bagi skutik.

Untuk memberikan kendali penuh pada kendaraan, motor ini dibekali dengan sistem pengereman mumpuni. Kedua roda sudah diberikan sistem pengereman cakram dan juga ABS.

Kemudian Arios 125 menggunakan ban 14 inci pada bagian depan dan 13 inci belakang. Adapun ban motor ini dipasangkan model dual purpose sehingga konsumen bisa lebih percaya diri.

Sebagai skutik, bobot keseluruhan kendaraan mencapai 149 kilogram. Berat motor masih memungkinkan penggunanya melakukan manuver.

Photo : Orcal

Datang di era modern, tentunya kendaraan sudah mengusung berbagai fitur modern. Konsumen tidak lagi memerlukan kunci untuk menghidupkan mesin karena sudah keyless dan terdapat alarm.

Lebih jauh juga ada cornering light dan sudah pakai LED Illumination untuk memberikan kenyamanan saat berkendara dalam gelap.

Orcal Arios 125 dijual dengan harga 3.990 Euro atau sekitar Rp60 jutaan. Banderol cukup jauh di atas Honda ADV 160 yang paling mahal Rp39.25 juta.

Artikel Terkait