Honda Beat Inden 3 Bulan Lebih Gara-gara Cip Semikonduktor

Honda Beat inden 3 bulan sehingga calon konsumen harus menunggu unit datang ke rumah lebih lama lagi

Honda Beat Inden 3 Bulan Lebih Gara-gara Cip Semikonduktor
Photo: AHM

TRENOTO – Masyarakat yang ingin membeli Honda Beat inden 3 bulan bahkan lebih. Hal ini masih merupakan buntut panjang dari kelangkaan cip semikonduktor di seluruh dunia.

Padahal diketahui Honda Beat merupakan motor paling laris sekarang di Indonesia. Bahkan motor ini juga paling laris di ASEAN sehingga populasinya sangat banyak.

Mendapat penyegaran terakhir pada Juli 2021, motor jenis skuter matik (skutik) tersebut ditargetkan terjual lebih dari 150 ribu unit perbulannya atau 1.8 juta pertahun.

Namun dengan adanya kelangkaan cip semikonduktor, produksi motor menjadi terhambat. Hal inilah yang pada akhirnya membuat konsumen harus menunggu berbulan-bulan lamanya.

“Honda Beat inden bisa 3 sampai 4 bulan saat ini. Bukan hanya Beat tapi model lain juga tidak ada barangnya karena cip langka,” kata Richard Jaya Sidhi Salim, PIC Astra Honda Motor Center Jakarta kepada TrenOto (29/05).

Photo : AHM

Seperti telah diwartakan sebelumnya bahwa pihak PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan krisis cip semikonduktor, berimbas pada produksi motor matic mereka. Lebih jauh dikatakan modelnya entry level hingga medium (Honda Beat hingga PCX 160).

Hanya saja saat itu pihak AHM mengatakan inden hanya 1 bulan saja. Namun hingga sekarang inden kendaraan justru semakin panjang hingga mencapai 3 – 4 bulan.

Mengenal Cip Semikonduktor

Cip Semikonduktor yang tengah melanda banyak industri di dunia termasuk otomotif memang menjadi masalah besar. Komponen tersebut tidak hanya terdapat pada kendaraan mewah, namun juga dipasangkan kendaraan entry level.

Lalu apa itu cip semikonduktor, TrenOto mengutip dari laman resmi Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Semikonduktor merupakan bahan yang memiliki resistivitas terletak antara konduktor dan isolator.

Photo : AHM

Semikonduktor dapat didefinisikan lebih komprehensif berdasarkan konsep pita energi. Adapun semikonduktor merupakan bahan yang pita valensinya hampir penuh dan pita konduksinya hampir kosong, dengan celah kecil dan memisahkan keduanya.

Cip Semikonduktor pada Sepeda Motor

TrenOto telah mengulas cip semikonduktor yang disematkan pada sepeda motor. Selain itu, pihak Honda sendiri menyebutkan komponen langka tersebut digunakan untuk spidometer.

Sekadar informasi, Honda menyematkan wheel speed sensor untuk spidometer. Komponen tersebut menggantikan peran kabel selama ini diandalkan.

Artikel Terkait