Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Sudah Dibeli Sultan Jakarta

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP yang memiliki spesifikasi lebih ganas sudah menemui pembelinya di IIMS Hybrid 2022

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Sudah Dibeli Sultan Jakarta
Photo: istimewa

TRENOTO – Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary menjadi buah bibir di Indonesia. Pasalnya motor yang hanya dipasarkan hanya satu unit di Tanah Air tersebut sudah menemui pemilik pertamanya, alias laku dibeli.

Adalah Arya Seta yang menjadi konsumen asal Jakarta dan membeli motor berharga miliaran tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi konsumen setia Honda ini dengan memilih unit Honda CBR1000RR-R Fireblade SP. Kami harap dia dapat menikmati kecanggihan dan performanya," kata Olivia Widyasuwita, Head of Marketing Wahana.

Motor gede (moge) kasta tertinggi dari keluarga Fireblade ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan edisi sebelumnya. Terlebih karena ini merupakan edisi khusus, berbagai identitas disematkan sebagai pembeda.

Secara dimensi, model ini hadir lebih besar dengan panjang keseluruhan 2.100 mm x 1.140 mm x 745 mm. Meskipun dimensinya diperbesar, namun ground clearance menyusut menjadi 115 mm.

Dengan ukuran motor yang lebih besar, bobot dari motor tentunya bertambah. Disebutkan bahwa bobot keseluruhannya menjadi 201 kg dari sebelumnya 195 kg.

Photo : AHM

Menyoal mesin juga terdapat perubahan sejalan dengan peningkatan performa. Jantung mekanis motor ini memiliki kapasitas 1.000 cc dengan bore 81 mm x 48.5 mm.

Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 214 hp pada 14.500 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 113 Nm pada 12.500 rpm.

Rombakan pada mesin juga menyasar pada emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan. Disebutkan bahwa motor ini mengantungi standar emisi Euro5, meskipun Indonesia masih menerapkan Euro4.

Langkahnya untuk mendapatkan gas buang lebih ramah lingkungan adalah dengan pengaturan volume intake port. Volumenya dikurangi untuk memperpendek jarak antara throttle dan injektor, sehingga pencampuran bahan bakar kian sempurna.

Lalu untuk mendukung sitem pembakaran yang sempurna, disematkan air intake di antara lampu depan. Sistem ini dipercaya mampu membuat mesin mendapat asupan udara lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Motor yang dikembangkan dari arena MotoGP ini menggunakan winglet. Perangkat ini dikatakan bermanfaat untuk meningkatkan downforce dari kendaraan.

Photo : istimewa

Kemampuan mesin ditingkatkan dibarengi dengan sistem pengereman yang dikembangkan dari edisi sebelumnya. Cakram Yutaka berdiameter 330 mm dengan ketebalan 5 mm dipasangkan pada bagian depan.

Lalu di belakang menggunakan merek yang sama namun diameternya 220 mm. Sedangkan kalipernya mengandalkan merek Brembo, menggantikan Nissin yang sebelumnya.

Sebagai motor edisi khusus, tentunya terdapat identitas yang membedakan dari unit lainnya. Pada bagian setang atau alat kemudi dapat dilihat nomor registrasi dari kendaraan.

Adapula identitas yang tersematkan pada tangki bahan bakar dan memberikan kebanggaan tersendiri pada pemiliknya. Honda CBR1000RR-R Fireblade SP dipasarkan dengan harga Rp1.076 miliar pada situs resminya.

Artikel Terkait