Honda CL500 Bakal Saingi Ducati dan Triumph Scrambler

Honda CL500 muncul sebagai hasil render Shinji Miyakubo dan dilansir oleh majalah Jepang Autoby belum lama ini

Honda CL500 Bakal Saingi Ducati dan Triumph Scrambler
Photo: greatbiker

TRENOTO – Honda CL500 hadir sebagai gambar rekaan yang merupakan hasil render Shinji Miyakubo dan dirilis oleh Autoby, Jepang. Sebelumnya rumor produk terbaru Honda mengarah pada all new Honda CL250.

Namun melalui rentetan produk baru pabrikan berlambang Sayap Mengepak yang diluncurkan berkapasitas 500 cc (CB500F, CBR500R dan CB500X). Honda disinyalir akan menambahkan satu model bertampang retro yakni CL500.

Analisa cocoklogi yang dihembuskan oleh media asal Jepang tersebut bukan tidak mungkin menjadi kenyataan. Pasalnya motor bertampang klasik semakin berkembang penggemarnya di seluruh dunia.

Honda CL500 diyakini masih menggunakan mesin yang sama dengan model mesin 500 lainnya. Jantung pacu 471 cc satu-silinder nampaknya akan disandingkan di rangka CL500.

Mesin tersebut dipercaya mampu menghasilkan daya 46.9 hp pada 8.600 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 43 Nm pada 6.500 rpm.

Output mesin tersebut kemudian disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan. Bahkan kabarnya Honda akan menyematkan fitur Assist Slipper Clutch pada motor ini, sehingga perpindahan gigi akan lebih lembut.

Kesan klasik pada motor ini hadir pada gaya scrambler yang diusungnya. Lampu bulat nan klasik dikawinkan dengan teknologi terkini yakni LED.

Photo : greatbiker

Perangkat modern yang melekat pada motor juga termasuk layar digital sebagai panel meter kendaraan.

Honda CL500 difokuskan sebagai motor dual-purpose sehingga kenyamanan berkendara sangat diutamakan. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan setang yang cukup tinggi, sehingga membuat perjalanan cukup nyaman.

Kesan retro pada motor ini semakin kental berkat penggunaan knalpot model upswept dua pipa. Jenis knalpot model upswept juga digunakan pada Triumph Scrambler.

Selain itu penggunaan ban juga harus mendukung penampilan retro-modern kendaraan. Desain pattern-nya lebih mirip ban basah pada umumnya.

Rangka motor sendiri dikatakan mencaplok dari basis Rebel 500. Perbedaannya terdapat pada sub-frame dan penggunaan suspensi.

Rangka sub-frame diyakini mampu menambah kenyamanan berkendara. Lalu didukung penggunaan jok model tandem yang tidak terlalu tebal namun identik dengan gaya scrambler.

Kemudian spakbor belakang terlihat mirip dengan Ducati Scrambler dengan bentuknya yang tipis dan ukurannya minimalis.

Artikel Terkait