Honda Kuasai Penjualan Sepeda Motor Dunia

Honda berhasil meraih peringkat pertama penjualan sepeda motor dunia dengan raihan mencapai 12.4 juta unit

Honda Kuasai Penjualan Sepeda Motor Dunia
Photo: AHM

TRENOTO – Honda berhasil menjadi pabrikan sepeda motor dengan penjualan terlaris di dunia pada periode Januari-September 2021. Sedikitnya 12.4 juta sepeda motor Honda telah terjual, naik 14.8 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun, jumlah tersebut masih 5 persen lebih rendah bila dibanding capaian 20219.

Meski demikian, jumlah ini sudah cukup untuk meninggalkan para kompetitornya seperti Yaeda, Hero, Yamaha dan Bajaj yang duduk di posisi 2 hingga 5. Boleh dikatakan, selama 9 bulan terakhir Honda benar-benar berhasil mendominasi penjualan sepeda motor dunia.

Yadea, pabrikan asal Cina yang duduk di posisi 2 hanya berhasil menjual 4.8 juta unit. Sebagai salah satu produsen sepeda motor listrik, keberhasilan Yaeda tidak lepas dari semakin diterimanya kendaraan listrik oleh masyarakat di negeri Tirai Bambu.

Photo : Hero

Sementara itu Hero, perusahaan sepeda motor asal India yang duduk di posisi 3 pun hanya berhasil meraih 3.8 juta. Jumlah tersebut pun tidak berbeda jauh bila dibandingkan dengan hasil penjualan Yamaha. Berdasarkan data dari MotorCycleData.com, merek sepeda asal Jepang ini hanya mampu menjual 3 juta unit.

Ada selisih cukup jauh antara peringkat 4 dengan 5, Bajaj Auto. Produsen sepeda motor asal India ini hanya meraih penjualan sebesar 1.84 juta unit atau naik 13.7 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Photo : TVS

Di bawahnya, masih ada pabrikan asal India yaitu TVS Motor yang berhasil menjual 1.75 juta unit. Sementara di peringkat 7 berhasil dikuasai oleh Suzuki asal Jepang dengan catatan penjualan sebesar 1.13 juta unit. Posisi 8, 9 dan 10 diisi oleh pabrikan asal China yaitu Haojue, Zonghshen dan Niu. Masing-masing meraih angka penjualan sebesar 1 juta, 938 ribu dan 804 ribu unit.

Sementara itu di Indonesia, penjualan sepeda motor juga sudah mulai menunjukkan pertumbuhan. Periode Januari – September 2021 tercatat ada 3.76 juta unit terjual atau melampaui penjualan tahun lalu yang hanya meraih 3.66 juta unit.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) bahkan memperkirakan penjualan domestik tahun ini dapat mencapai 4.3 juta hingga 4.6 juta unit. Peningkatan tersebut bahkan diharapkan bisa terus berlangsung hingga tahun depan, seiring dengan perbaikan kondisi ekonomi masyarakat.

Artikel Terkait