Honda ST125 Dax Siap Meluncur, Intip Bocorannya

Lama mencuri perhatian pecinta otomotif, kabar meluncurnya motor mungil Honda ST125 Dax akhirnya mulai terungkap

Honda ST125 Dax Siap Meluncur, Intip Bocorannya
Photo: RideApart

TRENOTO – Setelah cukup lama menjadi perbincangan pecinta otomotif dunia, bocoran peluncurann Honda ST125 Dax akhirnya mulai terungkap. Siap memeriahkan pasar otomotif Eropa tahun depan, motor ini berhasil menarik perhatian karena memiliki desain mungil layaknya Honda Monkey. 

Memiliki beberapa bocoran, media Jepang Young Machine menyebut, jantung pacu yang akan digunakan serupa dengan milik Honda Super Cub 125.

Menggunakan mesin berkapasitas 124 cc motor berlambang sayap mengepak ini mampu menyemburkan tenaga hingga 9.2 hp pada 7.000 rpm dan torsi maksimal 10.8 Nm  pada 5.000 rpm.

Lebih ramah lingkungan, Honda ST125 Dax telah menggunakan sistem bahan bakar injeksi Euro 5 compliant. Menambah kenyamanan berkendara, terdapat juga sistem kopling 4 kecepatan sentrifugal semi otomatis.

Serupa dengan Super Cub, pengendara bisa melakukan perpindahan gigi hanya dengan kaki kiri tanpa harus menekan kopling. Meski tubuhnya mungil, motor ini mampu menampung bahan bakar hingga 3,8 liter, sehingga pengendara tak perlu bolak balik ke SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum).

Untuk diketahui, sejarah panjang Honda Dax dimulai pada akhir 1960 an. Memiliki beragam varian, model ini mampu menarik perhatian konsumen di Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang.

Photo : RideApart

Mendapat inspirasi desain dari dachshund, motor ini memiliki bentuk retro yang menarik. Honda juga menyempurnakan kendaraan dengan logo Dax 125 dachshund-on-wheels baru yang lebih menggemaskan.

Motor ini juga disebut sebagai kendaraan retro modern paling sukses. Honda ST125 Dax terbaru kabarnya menggunakan kombinasi menawan dengan daya tarik vintage dan beragam fitur modern.

Khusus suspensi, motor ini menggunakan garpu teleskopik 31 mm USD pada bagian depan dan shock belakang kembar dengan travel gandar 120mm. Honda ST125 Dax juga disematkan sepasang roda aluminium 12 inci.

Dari sisi keselamatan, pabrikan juga memberikan rem cakram ABS (Anti Lock Braking System), sistem pencahayaan LED di seluruh lampu dan layar LCD yang mampu menyampaikan informasi bagi pengendara.

Meski dipastikan meluncur 2023, belum ada informasi terkait harga serta wilayah lain di luar Eropa yang akan menjual Honda ST125 Dax.

Artikel Terkait