Honda Vario 160 Cukup Diisi Pertalite

Memiliki harga jauh lebih murah, AHM pastikan Honda Vario 160 cukup diisi Pertalite untuk menunjang aktivitas harian

Honda Vario 160 Cukup Diisi Pertalite
Photo: Astra Honda Motor

TRENOTO – Memiliki Research Octane Number (RON) lebih tinggi, Pertamax menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang direkomendasikan sejumlah pabrikan, tak terkecuali Honda Vario 160. Meski demikian, harga pertamax yang mahal membuat sejumlah pengendara beralih menggunakan Pertalite.

Lalu, amankah Honda Vario 160 Diisi Pertalite. Menanggapi hal ini, Reza Rezdie selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menegaskan, Honda Vario 160 sangat aman menggunakan RON di bawah 92.

"Untuk spesifikasi Honda Vario 160, di buku pedoman pemilik sudah diinformasikan bila motor  ini memiliki kompresi tinggi, yakni 12:1. Tapi dia masih bisa menggunakan oktan minimum 88. Artinya bukan lagi Pertalite, bahkan Premium bisa tanpa ada penyesuaian apa pun," katanya. 

Secara lebih detail Reza menjelaskan, sistem injeksi yang disematkan pada Honda Vario 160 sudah cukup canggih. Hal ini dikarenakan terdapat sensor O2.

"Saat menggunakan BBM dengan oktan berbeda, nanti si O2 sensor bisa mendeteksi kandungan sisa pembakaran, terutama di bagian kandungan oksigennya. Itu akan memberikan feedback ke ECM (Engine Control Module) sehinggga mampu menyesuaikan output pada mesin," ujarnya. 

Karenanya, BBM beroktan rendah sampai tinggi bisa membuat kinerja  Honda Vario 160 tetap optimal. Reza juga menyebut, motor tak akan mengalami efek negatif jika secara tersebut menerus menggunakan Pertalite.

Photo : Pertamina

Sebagai informasi, keputusan terkait kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diberikan Pertamina beberapa waktu lalu. Seperti dilansir laman resminya, harga terbaru BBM Pertamina telah disesuaikan dengan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020.

Meski menjadi yang paling stabil dari sisi harga, BBM paling murah Pertamina saat ini di tempati Pertalite (RON 90). Khusus BBM jenis ini, harga yang disematkan pada April 2020 berada di angka Rp7.650 per liter.

Selanjutnya terdapat Pertamax (RON 92). Bila harga yang ditawarkan sebelumnya berada di bawah Rp10 ribu, saat ini, harga BBM jenis ini mencapai Rp12.500 per liter.

Kenaikan harga Pertamax memberi dampak cukup besar bagi pemilik kendaraan. Tak jarang, pengendara akhirnya memilih BBM dengan harga lebih terjangkau untuk menunjang aktivitas hariannya.

Artikel Terkait