Honda Vario 160 VS Yamaha Aerox 155 Conneted, Mana Lebih Unggul

Resmi memeriahkan pasar otomotif Indonesia, all new Honda Vario 160 siap bersaing dengan Yamaha Aerox 155 Conneted

Honda Vario 160 VS Yamaha Aerox 155 Conneted, Mana Lebih Unggul
Photo: Astra Honda Motor

TRENOTO – Resmi meluncurkan all new Honda Vario 160 untuk pasar otomotif Tanah Air, PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan beragam keunggulan, salah satunya mesin yang lebih bertenaga. 

Mendapatkan mesin 160 cc, motor pabrikan sayap mengepak ini siap bersaiang dengan Yamaha Aerox 155 Conneted. Sama-sama dari pabrikan Jepang, siapa yang lebih unggul dari sisi spesifikasi. 

Dari sisi jantung pacu, Honda Vario menggunakan mesin generasi terbaru berkapasitas 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan. Dengan mesin tersebut,  tenaga maksimal yang mampu dihasilkan yakni 15,1 hp pada 8500 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm di 7000 rpm.

Tak berbeda jauh, Yamaha Aerox 155 Connected membawa mesin Blue Core 155 cc yang telah dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation atau VVA. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 15.1 hp pada 8.000 rpm serta torsi maksimum sebesar 13.9 Nm di 6.500rpm.

Fitur

Khusus all new Honda Vario 160, peranti rem belakang telah dilengkapi rear disc brake. Motor ini juga telah didukung dengan USB charger type A, sehingga pengisian daya bisa dilakukan tanpa menggunakan tambahan adapter.

Selain mendapatkan lampu LED pada semua sistem tata cahaya, model ini juga dilengkapi full digital panel meter dengan informasi lengkap seperti indikator kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, Smart Key, jam digital, fuel consumption, tegangan baterai, penggantian oli, trip meter, Idling Stop System (ISS) dan Anti lock Braking System (ABS). 

Mendukung performa kendaraan, all new Honda Vario 160 menggunakan teknologi frame (rangka) eSAF (enhanced Smart Architecture Frame).

Photo : Yamaha Indonesia

Pada sisi fitur, Yamaha Aerox 155 Connected sudah dilengkapi dengan teknologi Y-Connect yang
dapat menghubungkan pengendara dengan sepeda motor melalui ponsel pintar. Penggunaan fitur Y-Connect memungkinkan pengendara memperoleh beragam informasi terkait kondisi sepeda motor dan data berkendara. 

Selain itu, motor pabrikan berlambang garpu tala juga mempunyai Smart Key System atau sistem penguncian tanpa anak kunci serta Electric Power Socket untuk pengisian daya batrai smartphone. Tersedia pula fitur ABS, Handle Bar Switch Control, Smart Motor Generator (SMG) dan Stop and Start System (SSS). 

Motor ini juga telah disematkan sistem LED pada bagian depan dan belakang serta DRL (Daytime Running Light). Pada bagian kaki-kaki, dilengkapi juga dengan Sub Tank Suspension.

Harga 

Terkait harga, all new Honda Vario 160 tipe CBS dibanderol Rp25.8 juta dan varian ABS Rp28.5 juta. Seluruhnya berstatus on the road DKI Jakarta.

Sedangkan all new Aerox 155 Connected memiliki harga Rp29.9 juta untuk tipe Connected ABS serta Rp26.4 juta untuk tipe Connected standard. 

Artikel Terkait