Intip Koleksi Mobil Yudo Margono, Calon Tunggal Panglima TNI

Menurut laporan LHKPN terdapat tiga SUV koleksi mobil Yudo Margono yang menjadi calon tunggal Panglima TNI

Intip Koleksi Mobil Yudo Margono, Calon Tunggal Panglima TNI
Photo: Istimewa
  • Oleh Satrio Adhy

  • Jum'at, 02 Desember 2022 | 07:11 WIB

TRENOTO – Nama KSAL (Kepala Staf Anggatan Laut), Laksamana Yudo Margono sedang ramai diperbincangkan. Sebab dia menjadi calon pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Bahkan Yudo menjadi kandidat tunggal untuk mengisi posisi tersebut. Kabar pencalonannya diketahui dari Supres (surat presiden) tentang calon Panglima TNI yang diusulkan ke DPR RI.

Photo : Istimewa

Supres itu diterima langsung oleh Puan Maharani selaku ketua DPR RI. Pratikno Menteri Sekretaris Negara mengantar langsung ke Kompleks Parlemen pada Senin, 28 November 2022.

“Nama yang diusulkan Bapak Presiden Jokowi untuk menggantikan Panglima Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono saat ini menjabat sebagai KSAL,” ujar Puan seperti dikutip dari Antara.

Akan tetapi tidak banyak yang tahu kalau Yudo memiliki koleksi mobil SUV di garasinya. Hal ini diketahui dari LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) periodik 2021 yang dilaporkannya pada 22 Maret 2022.

Menyitat laman Elhkpn.kpk.go.id calon tunggal panglima memiliki total kekayaan sebanyak Rp17.97 miliar. Jumlahnya terdiri dari tiga koleksi mobil Yudo Margono dengan taksiran nilai sebesar Rp1.63 miliar.

Dengan kendaraan pertama ada Toyota Fortuner 2012 dengan taksiran nilai Rp300 juta. Sebagai informasi mobil SUV ini juga memiliki dua varian mesin yaitu bensin dan diesel.

Baca Juga: Koleksi Kendaraan Irjen Teddy Minahasa, Masih Kalah dari Sambo

Namun tidak diketahui secara spesifik Toyota Fortuner tipe apa yang dimiliki Yudo. Akan tetapi untuk varian diesel menggendong mesin 2.494cc 4 silinder DOHC dan bisa menghasilkan tenaga 142 hp.

Sedangkan untuk yang bensin membawa mesin 2.7L 2TR-FE VVT-I DOHC 4 silinder berkapasitas 2.693cc dan bisa menyemburkan tenaga sebesar 158 hp.

Lalu ada SUV lainnya yakni Mitsubishi Pajero Sport 2010 bernilai Rp310 juta. Sama seperti kendaraan sebelumnya, Yudo tidak menjelaskan tipenya.

Tetapi di atas kertas Pajero Sport milik Yudo menggendong mesin 2.477cc 4 silinder SOHC. Tenaga mesin ini mampu mencapai 138 hp dan torsi maksimal 314 Nm.

Mitsubishi Pajero Sport dirilis dengan dua macam sistem penggerak roda yakni 4x4 dan 4x2. Kedua tipe mesin dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Masih ada satu mobil mewah, yakni Alphard 2.5 G AT lansiran 2021 senilai Rp1 miliar. Uniknya ini menjadi satu-satunya mobil berharga mahal milik Yudo.

Melansir laman Toyota, mobil Alphard 2.5G AT memiliki mesin berkapasitas 2.499 cc yang berkode 2AR-FE. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-I sehingga efisien dalam konsumsi bahan bakar namun tidak mengorbankan performa akselerasi.

Sebab kendaraan bisa menghasilkan tenaga 177 hp dan torsi 239 Nm. Tenaga yang besar tadi kemudian diteruskan ke roda dengan menggunakan tranmsisi CVT. 

Tidak berhenti sampai di situ, Yudo juga tercatat memiliki dua unit motor bikinan Honda dengan tahun produksi 2010 serta 2013. Akan tetapi tidak ketahui secara pasti tipe roda dua yang menjadi tunggangannya.

LHKPN hanya menginformasikan kalau dua unit motor Honda tersebut sama-sama memiliki nilai taksiran sebesar Rp10 juta.

Photo : Istimewa

Selain mobil dan motor, Yudo Margono juga memiliki kekayaan dalam bentuk lain. Seperti tanah dan bangunan dengan total nilai mencapai Rp 10,45 miliar.

Aset tersebut berada di 51 daerah yang tersebar di Sidoarjo, Surabaya, Bekasi, Sorong, Bogor, Tangerang serta Madiun. Sebagai informasi, seluruh aset kekayaannya tersebut tidak didapatkan secara cuma-cuma.

Laksamana Yudo Margono mengklaim membeli koleksi mobil, motor dan tanah dengan hasil sendiri.

Artikel Terkait