Kawasaki Elektrode, Sepeda Listrik Anak Seharga Motor

Kawasaki Elektrode dipamerkan di Indonesia yang merupakan sepeda listrik untuk anak-anak seharga motor

Kawasaki Elektrode, Sepeda Listrik Anak Seharga Motor
Photo: kawasaki

TRENOTO – Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memamerkan calon kendaraan listrik pertamanya. Bernama Kawasaki Elektrode, kendaraan ini merupakan sepeda listrik untuk anak-anak.

Pabrikan motor asal Jepang tersebut mencoba hal baru dalam menawarkan produknya. Mereka juga ikut meramaikan era elektrifikasi di Tanah Air yang tengah digaungkan oleh Pemerintah.

Langkah pertamanya adalah mulai memamerkan sepeda listrik Kawasaki Elektrode. Kendaraan ini lahir untuk memberikan pengalaman pertama bagi anak-anak dalam berkendara.

Disebutkan Kawasaki Elektrode dirancang untuk anak umur 3 hingga 8 tahun. Tampilannya sendiri memang berupa sepeda, hanya saja dilengkapi dengan baterai untuk menggerakkan rodanya.

Photo : KMI

Kawasaki Elektrode ditanamkan motor listrik 250 watt sebagai penggerak. Sepeda listrik mungil tersebut diklaim menyenangkan untuk dikendarai dan mudah dikendalikan.

Dibangun dan dirancang untuk anak-anak, Elektrode dilabur cat berkelir Lime Green atau Hijau yang cerah sesuai identitas Kawasaki. Grafisnya sendiri dibuat terinspirasi dari model motorcross andalan mereka.

Selain itu ban yang digunakan menggunakan model offroad sehingga sangat pas untuk diajak berpetualang di medan kasar. Kendaraan ini cocok untuk memancing minat anak pada kegiatan offroad dengan sepeda motor kelak.

Bobot sepeda listrik Kawasaki Elektrode sendiri dikatakan cukup ringan yakni 14.5 kilogram. Tersedia mode kecepatan yang dapat dipilih sehingga lebih aman bagi pemula sekalipun.

Terdapat mode rendah dengan kecepatan 8 km/jam, sedang 12 km/jam dan tinggi 21 km/jam.

Lalu disebutkan kendaraan ini memiliki pusat gravitasi rendah. Sehingga para orang tua tidak terlalu khawatir urusan keselamatan.

Bodinya yang mungil juga membuat Kawasaki Elektrode mudah dan ringkas untuk dibawa kemanapun. Klaim KMI sepeda listrik tersebut muat di jok belakang atau bagasi mobil.

Baterai lithium-ion pada kendaraan bisa digunakan selama 2.5 jam dalam keadaan penuh. Sementara untuk pengisian ulang dibutuhkan waktu 2.5 jam hingga penuh.

Photo : Istimewa

Artinya kendaraan bisa digunakan setiap hari tanpa harus menunggu lama saat pengisian daya kembali.

Kawasaki Elektrode dibangun menggunakan rangka alumunium. Dan baterainya disematkan di dalam rangka sehingga tidak mudah rusak dan terhindar dari bahaya lainnya.

KMI berencana memasarkan Kawasaki Elektode dengan harga Rp20 jutaan. Namun belum dipastikan kapan mereka akan meniagakannya di Indonesia.

Artikel Terkait