Kawasaki EV Diperkenalkan di Intermot 2022, Meluncur Tahun Depan

Kawasaki EV dipamerkan pada ajang Intermot 2022 dan dikatakan motor tersebut baru akan dipasarkan pada tahun depan

Kawasaki EV Diperkenalkan di Intermot 2022, Meluncur Tahun Depan
Photo: Kawasaki Motor Europe

TRENOTO – Kawasaki Motor Europe membuka selubung motor listrik konsepnya di ajang Intermot 2022. Kawasaki EV dikatakan kemungkinan baru akan diniagakan pada tahun depan.

Brand motor asal Jepang tersebut memulai langkah pertamanya dalam memasuki era kendaraan ramah lingkungan. Hal ini dilakukan setelah beberapa pabrikan sudah lebih dahulu memasuki pasar motor listrik.

Sebelumnya pabrikan motor yang terkenal dengan warna hijau tersebut sudah memamekan kendaraan ramah lingkungan di ajang Suzuka 8 Hour 2022. Kala itu, mereka menghadirkan motor listrik dan hybrid di depan publik.

Photo : rideapart

Keduanya mengusung wujud berbeda yakni sport naked (Z) dan sport fairing (Ninja). Kehadiran kedua model konsep itu sontak membuat heboh para penggemarnya di seluruh dunia.

Disebutkan bahwa Kawasaki memiliki rencana untuk memasarkan seluruhnya motor listrik pada 2035. Tahapan awalnya dimulai dari perkenalan pada Intermot 2022.

Kawasaki EV hadir di pameran otomotif khusus roda dua tersebut dengan bentuk sport naked atau biasa disebut Z Series. Tampangnya dikatakan berbagai pihak mirip dengan Z 400.

Baca juga : Kawasaki Hybrid dan Listrik Unjuk Gigi di Suzuka 8Hour 2022

Mulai dari fascia depan, bentuk tangki, bodi meruncing, frame telanjang hingga jok penumpang yang terpisah. Motor diyakini menggunakan lampu berteknologi LED dan posisi berkendara cukup sporti.

Urusan kaki-kaki, Kawasaki EV telah disematkan suspensi teleskopik standar pada depan. Sementara untuk belakang menggunakan swingarm dan menopang sebuah shockbreaker.

Lalu pada sektor pengereman keduanya sudah mengandalkan piringan cakram. Sayang urusan spesifikasi detil tidak dijelaskan kepada khalayak ramai.

Namun unit yang diperlihatkan pada Intermot 2022 terlihat sama persis seperti di sirkuit Suzuka, jepang beberapa waktu silam.

Photo : Kawasaki Motor Europe

Sebagai motor listrik, tentunya banyak orang ingin mengetahui jarak tempuh kendaraan, kapasitas baterai hingga waktu pengecasan. Dengan status motor konsep, spesifikasi Kawasaki EV hingga kini masih dirahasiakan.

Mereka juga belum memberikan informasi apakah calon motor ramah lingkungan ini menggunakan baterai model tanam atau swap (tukar). Hanya saja diketahui posisi baterai berada di bawah komponen biasa disebut tangki pada motor bensin umumnya.

Menurut berbagai sumber, Kawasaki EV akan masuk ke segmen A1 atau setara motor bensin berkapasitas 125 cc. pada kategori tersebut dikatakan batasan tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 15 hp.

“Kami sangat termotivasi dan terbuka untuk melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Kami juga akan terus melakukan pengembangan dan riset,” ucap Masaya Tsuruno, Managing Director Kawasaki Motors pada laman resminya.

Artikel Terkait