Kawasaki Luncurkan Z650RS Harganya Rp 147 Jutaan

Kawasaki Z650RS resmi meluncur dengan mengusung konsep retro modern yang tengah hits belakangan ini di dunia

Kawasaki Luncurkan Z650RS Harganya Rp 147 Jutaan
Photo: kawasaki

TRENOTO – Kawasaki Z650RS akhirnya resmi diluncurkan dengan mengusung gaya retro-modern. Motor ini dikatakan terinspirasi dari model legendarisnya yakni Z650-B1.

Motor ini hadir dan memenuhi segmen menengah yang sudah cukup gemuk. Motor berjuluk Retrovolution ini menggunakan skema yang juga digunakan pada Z900RS.

Kawasaki Z650RS hadir dengan lampu depan bulat, tangki dan bagian buritan yang membentuk ekor bebek. Meskipun mengusung tampilan retro, namun kendaraan ini tetap mengusung teknologi modern.

Kawasaki pertama kali memperkenalkan Z650 pada 1976 dan memasarkannya hingga 1983. Motor legendaris tersebut coba dibangkitkan kembali melalui Z650RS.

Mesin motor ini berbagi platform dengan Z650 dan Kawasaki Ninja 650. Jantung mekanis dua-silinder segaris ini memiliki kapasitas murni 649 cc.

Di atas kertas, kendaraan ini mampu menyemburkan daya maksimal 67 hp dan torsi puncak 63 Nm. Besaran tenaganya dianggap cukup bagi konsumen yang hendak naik kelas dari motor entry-level.

Apabila konsumen menginginkan tenaga yang lebih galak bisa menunjuk paket khusus. Paket yang dijual terpisah ini mampu memenuhi konsumen yang membutuhkan tenaga lebih.

Photo : kawasaki

Sebagai motor kelas menengah, Kawasaki Z650RS diklaim menyuguhkan tenaga yang responsif pada putaran bawah hingga menengah. Sejatinya konsumen tidak terlalu mengharapkan tenaga yang terlalu besar untuk unit bergaya retro ini.

Suspensi bagian depannya menggunakan tabung berdiameter 41 mm. Sementara bagian belakangnya disematkan peredam kejut yang bisa diatur tingkat kekerasannya sesuai selera pengguna.

Adapun untuk belakangnya motor ini menggunakan lengan ayun model pisang. Gaya ini terlihat lebih seksi dan ujung knalpot juga bisa dibuat lebih rapat dengan bodi.

Sektor pengereman, motor ini dijejalkan rem cakram dua piston pada depan dengan diameter 300 mm. Sementara belakangnya menggunakan piringan berdiamater 230 mm.

Disebutkan bahwa Z650RS juga mengusung perangkat ABS untuk pengereman lebih baik. Sistem ABS tersebut sudah disematkan pada depan maupun belakang atau biasa disebut two-channel.

Kawasaki Z650RS baru akan hadir pada dealer-dealer di Inggris pada November 2021. Konsumen nantinya bisa memilih warna hitam, hijau yang menjadi ciri khas Kawasaki dan abu-abu.

Kawasaki rencananya akan memasarkan Z650RS dengan banderol Rp 147 jutaan. Motor ini bisa saja masuk Tanah Air karena pasar motor retro modern terus berkembang di dunia.

Artikel Terkait