Kawasaki Ninja ZX-4R Digosipkan Hadir di EICMA 2021

Kawasaki Ninja ZX-4R bermesin 4 silinder digosipkan segera diperkenalkan pada ajang EICMA di Milan, Italia, November 2021

Kawasaki Ninja ZX-4R Digosipkan Hadir di EICMA 2021
Photo: Young Machine

TRENOTO – Kawasaki Ninja ZX-4R disiapkan untuk hadir pada ajang EICMA, November 2021 di Milan, Italia. Motor ini bakal menggunakan mesin empat silinder seperti adiknya yakni ZX-25R.

Geng Hijau yang merupakan sapaan akrabnya lebih dahulu diketahui telah mendaftarkan hak paten untuk desain fairingnya. Pada paten tersebut terlihat struktur mesin yang sama dengan ZX-25R yakni empat silinder.

Kawasaki Ninja ZX-4R akan mengusung mesin 400 cc segaris empat-silinder 16 valve DOHC dengan sistem pembakaran injeksi. Konstruksinya sama seperti ZX-25R hanya saja ditambahkan kapasitasnya.

Logikanya dengan bertambah kapasitas mesin, tentunya akan selaras dengan tenaga yang dihasilkan. Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak Kawasaki, namun dipastikan motor ini akan memiliki kemampuan lebih baik.

Dilansir dari Young Machine, Kawasaki Ninja ZX-4R memiliki fairing yang terdapat air duct. Sebenarnya komponen tersebut sudah disematkan lebih dulu pada ZX-25R.

Komponen tersebut memberikan tambahan asupan udara pada mesin dan radiator, sehingga mampu meningkatkan performa. Lebih jauh dikatakan fitur tersebut membuat mesin mampu dipacu hingga redline lebih tinggi.

Sebagai informasi, Kawasaki ZX-25R mampu dipacu hingga 17 ribu rpm. Maka dari itu pabrikan asal Jepang tersebut harus meningkatkan pasokan udara agar mesin tidak kepanasan.

Air duct pada motor juga diharapkan tidak membuat pabrikan harus meningkatkan dimensi radiator. Karena dimensi radiator yang membengkak akan membuat dimensi fairing juga semakin melebar.

Bicara fitur lainnya, Kawasaki Ninja ZX-4R juga akan dibenamkan KTRC (Kawasaki Traction Control). Teknologinya mengambil dari produk sebelumnya yakni ZX-25R.

Fitur tersebut memungkinkan motor lebih terkendali, karena fungsinya memang mengatur putaran roda. KTRC pada Ninja ZX-4R dikatakan memiliki tiga level yang semakin memudahkan penggunanya.

Motor ini sendiri ditopang dengan suspensi depan model upside down berdiameter 37 mm pada pipanya. Lalu suspensi belakang disokong dengan tipe horizontal backlink yang berkerja sama dengan swing arm khusus.

Untuk semakin memudahkan pengguna, Kawasaki membenamkan fitur Assist and Slipper Clutch dan Kawasaki Quick Shifter (KQS). Dua fitur tersebut memungkinkan konsumen melaju dengan lebih stabil saat akselerasi maupun deselerasi.

Kawasaki Ninja ZX-4R bisa jadi akan menggantikan peran Kawasaki Ninja 400 yang selama ini turun di ajang World Supersport (WSSP) 300.

Artikel Terkait