Kawasaki Ninja ZX-6R 2023 Bakal Tantang Aprilia RS660

Kawasaki Ninja ZX-6R 2023 dikabarkan akan masuk jalur produksi dan menantang Aprilia RS660 yang menggunakan mesin dua silinder

Kawasaki Ninja ZX-6R 2023 Bakal Tantang Aprilia RS660
Photo: greatbiker

TRENOTO – Kawasaki Ninja ZX-6R 2023 dikabarkan akan masuk jalur produksi. Motor ini tetap diproduksi meskipun para pesaingnya sudah menyerah.

Seperti diketahui Yamaha kini menyerah memasarkan R6 secara massal dan digantikan oleh R7. Pabrikan berlambang garpu tala tersebut hanya meniagakan R6 untuk kebutuhan balap saja.

Penjualan Yamaha R6 sudah tidak terlalu menggiurkan menjadi salah satu penyebabnya. Pasar lebih tertarik dengan mesin yang memiliki performa lebih kencang.

Mesin 4-silinder segaris yang digunakan dua manufaktur asal Jepang tersebut di atas dianggap tidak lagi menarik. Setidaknya di Eropa banyak pabrikan justru menggunakan mesin berkonfigurasi lebih ramping seperti 3 silinder Triumph Street Triple dan MV Agusta F3 800.

Photo : greatbiker

Di pasaran, Kawasaki Ninja ZX-6R 2023 akan berhadapan dengan Aprilia RS660. Sejatinya pertarungan keduanya akan lebih sengit di luar Eropa.

Standar emisi benua biru yang semakin ketat adalah salah satu alasan kuat tidak dipasarkannya mesin 4 silinder segaris. Manufaktur kesulitan mengembangkan tenaga dengan adanya standar tersebut.

Sementara Kawasaki dikabarkan akan mengembangkan mesin Ninja ZX-6R 2020 dengan mesin 636 cc 4 silinder segaris DOHC dan berpendingin cairan. Bedanya dikatakan tenaga yang dihasilkan akan lebih besar dari sebelumnya.

Berdasarkan versi 2021, Kawasaki Ninja ZX-6R memiliki basis tenaga maksimal 127 hp. Adapun torsi puncaknya diklaim sebesar 70 Nm.

Fitur yang bakal diusung motor tersebut antara lain mode berkendara, slipper and assist clutch, traction control, ABS dan quick shifter. Fitur-fitur tersebut sudah bukan barang baru setidaknya bagi kompetitor sekelasnya.

Sedangkan rangkanya masih mengandalkan alumunium seperti pendahulunya. Lalu suspensinya masih menggunakan merek Showa dengan model inverted pada depan dan monoshock di belakang.

Sistem pengereman motor ini didukung oleh Nissin berdiameter 310 mm pada depan. Sementara untuk belakang disematkan piringan berdiameter 220 mm.

Photo : greatbiker

Rodanya menggunakan diameter 17 inci dengan bahan alloy pada kedua peleknya. Kemudian ban depan berukuran 120/70ZR17M/C (58W) dan 180/55ZR17M/C (73W).

Kawasaki Ninja ZX-6R 2023 kabarnya akan dipasarkan dalam dua pilihan warna yakni Metallic Matte Graphenesteel Gray/Metallic Diablo Black dan Metallic Matte Twilight Blue/Metallic Diablo Black.

Di Indonesia, Kawasaki Ninja ZX-6R dipasarkan dengan harga Rp327.5 juta.

Artikel Terkait