Koleksi Kendaraan Anies Baswedan, Ada Vespa Antik

Koleksi kendaraan Anies Baswedan terbilang unik karena jumlah sepeda motor yang dimiliki lebih banyak ketimbang mobil

Koleksi Kendaraan Anies Baswedan, Ada Vespa Antik
Photo: Antara

TRENOTO – Jika kebanyakan pejabat memiliki beberapa mobil, maka Anies Rasyid Baswedan memilih hobi yang berbeda. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Gubernur DKI Jakarta ini memiliki 2 sepeda motor dan 1 unit mobil.

Kebanyakan pejabat negara lebih banyak mengoleksi mobil mewah ketimbang motor. Maklum, kendaraan roda 4 merupakan alat transportasi yang terbilang nyaman untuk digunakan dari titik satu ke titik lainnya.

Namun masing-masing orang tentunya memiliki seleranya sendiri sehingga wajar bila koleksi kendaraanya pun berada. Anies Baswedan adalah salah satu yang lebih memilih sepeda motor sebagai koleksi ketimbang mobil.

Photo : OLX Autos

Sepeda motor pertama yang Ia laporkan adalah Vespa Sprint 1968 serta ditaksir memiliki nilai Rp50 juta. Vespa tersebut memiliki banderol tinggi karena dinilai telah menjadi barang antik dan beruntungnya Anies mendapatkan kendaraan melalui hibah tanpa akta.

Sementara koleksi sepeda motor kedua adalah Kawasaki EX250V 2018. Sepeda motor sport tersebut ditaksir memiliki nilai Rp50 juta dan didapatkan dari hasil sendiri.

Sedangkan Honda Odyssey 2016 menjadi koleksi kendaraan Anies Baswedan dengan nilai tertinggi. Mobil tersebut dilaporkan memiliki nilai Rp450 juta serta didapatkan dari hasil sendiri.

Bila digabungkan semua, maka Ia memiliki aset berupa alat transportasi dan mesin senilai Rp550 juta. Angka tersebut tentunya tidak terlalu signifikan bila dibandingkan beberapa pejabat negara lainnya.

Masih berdasarkan laporan yang diterbitkan KPK, harta terbesar dari Anies masih berasal dari tanah dan bangunan. Tercatat Ia memiliki harta senilai Rp14.7 miliar dari aset tersebut.

Photo : Mobil123

Ia juga memiliki beberapa harta lain dengan jumlah cukup besar. Harta bergerak lainnya merupakan salah satu yang terbesar serta memiliki taksiran senilai Rp1.3 miliar.

Sementara kas dan setara kas sebesar Rp 1.2 miliar kemudian surat berharga Rp61 juta serta harta lainnya Rp659.9 juta. Total harta milik Anies (sebelum dipotong hutang) adalah Rp18.5 miliar.

Meski terlihat besar, Anies tidak lepas dari utang. Ia disebut memiliki hutang sebesar Rp7.6 miliar. Sehingga harta kekayaan miliknya saat ini adalah Rp10.9 miliar.

Artikel Terkait