Kontrol Bukaan Gas Saat Berkendara, Begini Caranya

Mencegah terjadinya kecelakaan di jalan, kontrol bukaan gas saat berkendara penting dipahami pengendara sepeda motor

Kontrol Bukaan Gas Saat Berkendara, Begini Caranya
Photo: 123RF

TRENOTO – Menjadi salah satu teknik berkendara yang perlu dikuasai, kontrol bukaan gas atau throttle mampu memberikan kenyamanan bagi pengendara. Tak hanya itu, teknik bukaan gas tepat juga mampu mencegah terjadinya kecelakaan saat melintasi jalan licin atau berpasir.

Melalui keterangan resminya, Yamaha menyebut bila pengendara beresiko kehilangan pengendalian sepeda motor yang dikendarai apabila terdapat kesalahan dalam pengoperasian gas. Hal ini tak terlepas dari ban motor yang kemungkinan besar slip sehingga terjadi kecelakaan.

Photo : 123RF

Karenanya, pengendara sebaiknya lebih memperhatikan kondisi jalan yang hendak dilalui tak terkecuali kondisi cuaca. Jalan licin karena genangan air dan pasir membuat resiko ban selip saat akselerasi lebih tinggi.

Agar lebih jelas, Danang Hermanto selaku instruktur safety riding dari Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta memberikan beberapa tips kontrol bukaan gas dalam berkendara sepeda motor, berikut ulasannya. 

  1. Posisikan tubuh dalam keadaan nyaman di motor. Usahakan duduk tidak terlalu maju ke depan ataupun terlalu mundur, agar posisi tangan tidak terlalu menekuk maupun menjulur ke depan.
  2. Bahu, siku dan pergelangan tangan dalam posisi rileks. Kondisi ini memudahkan pengendara saat harus mengoperasikan gas motor, karena akan lebih halus saat akselerasi.
  3. Saat memutar gas menggunakan telapak tangan, gunakan gerakan memutar dengan memanfaatkan pergelangan tangan, agar tetap bisa bermanuver saat melakukan akselerasi.
  4. Buka gas secara halus dan selalu cek keadaan jalan yang hendak dilalui. Apabila terdapat halangan seperti genangan air, pasir ataupun kerikil, lebih hati-hati dalam menarik gas motor.
  5. Gunakan fitur Traction Control System (TCS), fitur ini bisa ditemukan pada beberapa motor matik. Penggunaan fitur TCS dapat membantu pengendara dalam berakselerasi, karena berfungsi mencegah selip pada ban belakang.  Hal ini terjadi karena tenaga mesin yang tersalurkan ke ban sudah dikontrol oleh sistem TCS.

Photo : Suzuki Indonesia

Dengan menerapkan sejumlah poin tersebut, diharapkan kontrol bukaan gas saat berkendara bisa membuat kecelakaan lalu lintas berkurang dan kondisi jalan lebih aman. Dengan memperhatikan bukaan gas yang tepat, akselerasi motor juga bisa lebih halus dan terukur.

Artikel Terkait