KTM dan Bajaj Kolaborasi, Siap Lahirkan Motor Listrik

Menjalin kerjasama selama belasan tahun, KTM dan Bajaj kolaborasi menghadirkan kendaraan ramah lingkungan

KTM dan Bajaj Kolaborasi, Siap Lahirkan Motor Listrik
Photo: 123RF

TRENOTO – Resmi menjalin kerjasama sejak 2007, kolaborasi KTM dan Bajaj menghasilkan sejumlah produk, salah satunya Pulsar dan Dukes. Selain kendaraan konvesnsional, KTM dan Bajaj kolaborasi membuat  motor listrik.

Seperti dilansir Rideapart, Selasa (2/8/2022), usaha patungan terbaru ini berfokus pada e-skuter dan mobilitas perkotaan. Sebelumnya, Stefan Pierer selaku CEO Pierer Mobility (perusahaan induk KTM) menegaskan bila perusahaan memiliki minat menghadirkan motor listrik bergaya komuter.

“Kami berasumsi dengan listrik 48 volt tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 15 hp. Banyak kendaraan menjadi listrik dalam sepuluh tahun ke depan, terutama di Eropa. Itu berlaku untuk skuter dan moped. Seluruh mesin dua tak akan mati. Segala sesuatu yang menyangkut kendaraan bermotor roda dua mengarah ke bahan bakar elektronik," klaim Pierer.

Photo : id.e-scooter.co

Rupanya, rencana tersebut telah berubah ketika Rakesh Sharma selaku Direktur Eksekutif Bajaj Auto membocorkan rencana kemitraan dalam briefing media.

"Kami juga sedang berdiskusi dengan KTM. Ada kerja sama yang sedang berlangsung di mana kami mencari platform untuk sepeda motor listrik kelas atas," ujar Sharma.

Dalam beberapa bulan terakhir, pesaing KTM berlomba menghadirkan sepeda motor listrik. Salah satu yang menyita perhatian ialah Ducati, karena memamerkan pembalap MotoE V21L pada Juni 2022.

Tak hanya itu, Triumph juga mempresentasikan prototipe TE-1 pada Juli 2022. KTM sempat tak memperdulikan peralihan ini karena pemain pasar sepeda motor listrik hanya Harley-Davidson, Zero, dan Energica. 

Photo : 123RF

Melihat merek-merek Eropa yang mulai bergabung pabrikan akhirnya mengambil langkah terkait kendaraan ramah lingkungan. Dalam kesempatan yang sama Sharma menambahkan bahwa proyek potensial tersebut akan diumumkan secara resmi di waktu yang lebih tepat. 

Meski demikian, kabar produksi kendaraan listrik semakin berhembus kencang. Kabarnya kedua pabrikan telah menyiapkan tim khusus dan siap melakukan produksi kendaraan ramah lingkungan di pabrik Bajaj. 

Menyasar pasar Eropa, desain yang akan digunakan mirip KTM Duke 125. Walau telah ada desas desus terkait hal ini, kedua pabrikan masih belum memberikan pernyataan resmi seperti apa motor listrik yang akan dihadirkan pabrikan.

Artikel Terkait