Melihat Koleksi Motor Vladimir Putin, Ada Skuter Langka

Sebagai Presiden Rusia, koleksi motor Vladimir Putin diketahui terdapat beberapa unit langka yang menarik perhatian

Melihat Koleksi Motor Vladimir Putin, Ada Skuter Langka
Photo: RideApart

TRENOTO – Menjadi perhatian dunia karena mendeklarasikan perang melawan Ukraina, orang nomor satu Rusia, Presiden Vladimir Putin memiliki sejumlah kendaraan andalan.

Selain mobil dinas yang memiliki bobot 7 ton, pria berusia 69 tahun ini beberapa kali tertangkap kamera tengah mengendarai kendaraan roda dua.

Seperti dilansir Rideapart, Kamis (11/3/2022), sedikitnya terdapat tiga motor yang pernah menjadi tunggangan Putin.

  1. Harley-Davidson Lehman Trike

Motor pertama terdapat Harley-Davidson Lehman Trike. Memiliki tiga roda, motor pabrikan Amerika Serikat ini dikendarai Putin saat bertemu para pengendara motor di Sevastopol, Ukraina, 2010 lalu.

Ikut touring, Putin terlihat berkendara tanpa helm. Menghindari panas matahari, Ia lebih memilih menggunakan topi berwarna hitam dan kacamata dengan warna senada.

Tak cuma sekali, motor yang sama juga pernah dikendarai Putin saat memimpin komunitas sepeda motor Night Wolves.

Merupakan motor modifikasi, nama Lehman Trike diberikan karena konversi kit Lehman Trikes U.S.A disematkan pada kendaraan. Menggunakan basis Harley-Davidson FLH Electra Glide Ultra Classic produksi 2008, motor ini dibenamkan mesin 1.500 cc yang mampu menyemburkan torsi tertinggi 126 Nm pada 3.500 rpm.

Photo : Imz-Ural

  1. Ural

Selanjutnya terdapat sepeda motor asli Rusia, Ural. Menggunakan sespan, motor ini pernah dikendarai Putin bersama Kepala Republik Krimea, Sergey Aksenov, pada Agustus 2019.

Pernah dijual di Indonesia, Ural terkenal dengan kendaraan tempur yang digunakan pada Perang Dunia II. Untuk jantung pacu, terdapat mesin dua silinder berkapasitas 750 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 40 hp pada 5.600 rpm.

Saat masuk Indonesia, terdapat dua model yang ditawarkan yakni Ural Retro dengan harga Rp 350 juta, dan Ural Gear Up Rp 340 juta. Meski demikian, tak ada informasi resmi terkait data penjualan yang berhasil dicetak PT Istana Sepeda selaku distributor resmi kala itu.

Photo : RideApart

  1. Mitsubishi

Merupakan motor klasik, Putin diketahui pernah memiliki motor Mitsubishi. Meski demikian tak ada informasi jelas terkait spesifikasi kendaraan.

Mitsubishi memang diketahui pernah memproduksi sepeda motor usai perang dunia usai. Tampilan kendaraan sangat mirip dengan Lambretta.

Artikel Terkait