Menanti Motor Listrik Honda EM1 Masuk Indonesia Tahun Depan

Motor listrik Honda EM1 diperkenalkan di EICMA 2022. Unitnya akan mulai diproduksi pada pertengahan 2023.

Menanti Motor Listrik Honda EM1 Masuk Indonesia Tahun Depan
Photo: Cycle World

TRENOTO – Honda perkenalkan motor listrik pertamanya untuk pasar Eropa, EM1 e: pada gelaran EICMA pada awal bulan November 2022. Motor ini merupakan bagian dari rencana Honda untuk meluncurkan 10 model motor listrik dalam beberapa tahun ke depan.

EM1 e: berasal dari skutik yang sudah terlebih dulu ada di China, merupakan produksi kerjasama antara Wuyang dengan Honda. Di China produk yang terlihat serupa bernama U-GO

Spesifikasi detail EM1 e: belum dirilis secara resmi, namun diperkirakan harganya akan terjangkau.

Photo : Cycle World

Ada beberapa perbedaan teknis pada kedua motor tersebut. EM1 e: menggunakan Mobile Power Pack e: swappable battery yang sudah digunakan di sejumlah model pasaran Jepang.

Penggunaan swappable battery tersebut diharapkan menjadi langkah awal infrastruktur motor listrik dengan baterai lepas-pasang dan akan digunakan juga oleh sejumlah pabrikan lain. Honda sendiri merupakan bagian dari dua konsorsium pabrikan yang menetapkan standar motor listrik dengan swappable battery.

Selain itu, ada perbedaan kapasitas baterai dan jarak tempuh. Perbedaan baterainya tidak signifikan - Wuyang-Honda U-Go berkapasitas 48V dan 30Ah, sementara EM1 e: 50,26V dan 26,1Ah.

Baca juga: Kapasitas Produksi Sepeda Motor Listrik Ditargetkan 2 Juta Unit

Mengutip Cycle World, jarak tempuh Wuyang-Honda U-Go lebih unggul dibandingkan EM1 e:. U-Go bisa mencapai 65 kilometer dengan menggunakan satu baterai – lebih jauh lagi jika dua baterai dipakai.

Sedangkan pada EM1 e:, jarak tempuhnya adalah sekitar 40 kilometer. Belum diketahui apakah motor ini akan dibekali dengan opsi dual-battery seperti pendahulunya.

Dari sisi harga, U-Go dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan motor sejenis di China yaitu 1.050 USD, atau setara dengan Rp16,5 jutaan. EM1 e: dilengkapi dengan baterai yang lebih mumpuni yaitu MPP e: - sehingga harga baterainya diprediksi akan mahal.

Photo : Cycle World

Namun dengan banyaknya kesamaan komponen dengan U-Go, EM1 e: diprediksi akan lebih murah untuk ukuran motor listrik keluaran Honda.

Skutik listrik ini akan mulai diproduksi pada pertengahan 2023. Berdasarkan siluet yang dipamerkan Astra Honda Motor (AHM) pada ajang IMOS 2022, salah satunya mengarah Honda EM1.

Artikel Terkait