Mengenal Fitur Traction Control Milik Yamaha R15M

Hadir dengan dua pilihan varian, all new R15 disematkan Traction Control sebagai fitur andalan ketika berkendara

Mengenal Fitur Traction Control Milik Yamaha R15M
Photo: YIMM

TRENOTO – Resmi memeriahkan pasar otomotif Tanah Air, all new R15  memiliki dua pilihan varian yakni  R15M connected ABS dan R15 connected. Memiliki beberapa perbedaan, salah satu yang menjadi perhatian ialah disematkannya Traction Control pada varian R15M.

Inovasi pada motor sport tersebut tentu menarik perhatian karena fitur ini biasanya disematkan pada motor gede (moge) atau kendaraan roda empat.

Lalu apa sebenarnya fungsi traction control pada kendaraan roda dua?

Cara kerja fitur ini sangat mudah, yakni menggunakan sensor pada roda. Dengan demikian, sinyal pada ECU untuk menghindari roda slip saat berbelok bisa teraplikasi dengan baik.

Sedikit berbeda dengan fitur yang ada pada mobil, Traction Control (TC) pada sepeda motor memiliki dua fungsi utama, yakni menjaga kestabilan saat menikung, serta membantu pengendara ketika melewati jalan berbelok.

Untuk menjaga kestabilan motor ketika dipacu miring, fitur ini mampu mengurangi resiko ban belakang selip di segala permukaan jalan saat melakukan akselerasi. 

Photo : Yamaha Indonesia

TC juga membuat motor yang berbelok di jalan licin tak mengalami ban selip, sehingga mengurangi resiko terjadinya kecelakaan karena tergelincir.

Selain itu, pengendara akan merasa terbantu saat berbelok karena kontrol bukaan gas secara otomatis terjaga sehingga akselerasi yang dihasilkan lebih terkendali. 

Secara otomatis, konsentrasi pengendara saat menikung tidak terganggu dengan akselerasi yang berlebihan, sehingga tetap fokus berkendara dengan baik.

Sebagai informasi, R15M connected-ABS memiliki dua pilihan warna yakni icon performance dan Yamaha world grand prix 60th anniversary livery.

Fitur canggih lainnya yang diaplikasikan pada motor teranyar Yamaha ini adalah Dual Channel Anti-lock Braking System (ABS). Menambah kenyamanan terdapat suspensi Up Side Down (USD) yang meningkatkan handling, pengendalian lebih maksimal serta menjadikan motor tampak gagah dan sporty.

Tersedia pula Big Bike Engine Switch Off  yang terdiri dari tombol 3 in 1 cut off/on dan starter engine.

Selain itu, terdapat jok dengan cover motif karbon yang membuat pengendara lebih spesial. Kebanggaan pun didapatkan lewat keberadaan simbol 3D emblem logo R15M yang terletak di tangki dan fork caps biru berlogo R15M. Body motor pun dirancang memiliki fairing aerodinamis untuk menunjang posisi berkendara yang sporty racing.

Artikel Terkait