Mengenal Suzuki Shogun 110 R yang Digunakan Bom Bandung

Mengenal Suzuki Shogun 110 R yang bersejarah di Indonesia dan digunakan pelaku bom bunuh diri di Bandung

Mengenal Suzuki Shogun 110 R yang Digunakan Bom Bandung
Photo: Istimewa

TRENOTO – Suzuki Shogun 110 pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 1996. Kala itu Shogun menjadi produk pertama Suzuki yang menggunakan mesin 4-Tak.

Suzuki Shogun menjadi favorit pembalap karena kerap memenangkan lomba di berbagai ajang. Mesin yang kencang berpadu dengan handling mumpuni menjadikannya andalan para tim balap.

Nama Suzuki Shogun belakangan menjadi perhatian karena digunakan sebagai transportasi pelaku bom bunuh diri di polsek Astanaanyar Bandung, Jawa Barat.

Pihak kepolisian mengamankan unit sepeda motor berkelir biru tersebut. Menarik perhatian karena pada batok lampunya terdapat pesan tertulis di sebuah kertas.

Photo : OLX

Kertasnya juga terdapat ayat Al-Quran.

Motor tersebut dalam kondisi yang tidak terlalu baik. Bahkan bisa dibilang bentuknya cukup menyedihkan.

Seperti terlihat pada bagian sayap sudah tidak terpasang lagi. Kendaraan juga tidak dilengkapi dengan spion samping dan batok lampunya terlihat lusuh.

Unit Suzuki Shogun 110 nan digunakan merupakan generasi kedua. Motor ini pertama kalinya diluncurkan pada era 2000-an.

Ciri khas yang mudah diingat pada kendaraan adalah bodinya ramping. Berbeda dari generasi pertamanya sehingga mendapat julukan kebo.

Baca juga : Ruas jalan Astanaanyar Dibuka Setelah Terjadi Ledakan Bom

Keunggulan lain pada Shogun 110 R adalah digunakannya perangkat rem cakram. Komponen ini membuat handling menjadi lebih baik.

Kendaraan mengusung mesin 110 cc satu silinder. Suzuki Shogun 110 R dipercaya mamun menghasilkan daya 9.6 hp pada 7.000 rpm.

Jantung pacunya disandingkan dengan transmisi manual empat percepatan. Namun kendaraan masih mengandalkan sistem pengabut karburator.

Dapur pacu yang bertenaga membuat para pemiliknya secara mudah meningkatkan performa. Bahkan disebut-sebut modal untuk upgrade kemampuan mesin.

Photo : OLX

Kuda besi tersebut sekarang masih tersedia di pasar motor bekas. Meskipun terbilang unit jadul, namun Shogun 110  khususnya generasi kedua banderolnya masih cukup tinggi.

Berdasarkan laman jual beli motor bekas, Suzuki Shogun 110 R ditawarkan dengan harga mulai dari Rp3 jutaan. Namun dalam kondisi terawat dan mulus, penjual meniagakannya seharga Rp15 jutaan.

Tingginya harga Shogun 110 R disebabkan salah satunya oleh video restorasi yang dilakukan oleh Ariel Noah. Vokalis band kenamaan tersebut berhasil mengembalikkan bentuk motor kembali seperti baru.

Artikel Terkait