Menhub Dorong Sertifikat Registrasi Uji Tipe Motor Listrik Gratis

Mendukung peralihan kendaraan konvensional, Kementerian Perhubungan siapkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe motor listrik gratis

Menhub Dorong Sertifikat Registrasi Uji Tipe Motor Listrik Gratis
Photo: 123RF

TRENOTO – Sejalan dengan target pemerintah terkait 2 juta motor listrik di Indonesia pada 2025, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung upaya percepatan transisi dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan ramah lingkungan, khususnya roda dua. 

Karenanya pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi, salah satunya mendorong Sertifikat Registrasi Uji Tipe motor listrik atau SRUT secara gratis.

“Jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia sekitar 133 juta lebih. Sekarang ada 5 juta permintaan setahun, bahkan sebelum pandemi ada 10 juta. Jadi pasarnya banyak sekali dan ini bisa menjadi game changer yang bisa mempercepat transisi ini,” ujar Menhub.

Photo : Mahle

Kemenhub juga telah mengeluarkan regulasi dan kebijakan terkait Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Lalu Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

“Kami mendorong Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) secara gratis agar memberikan suatu kemudahan-kemudahan dan saat ini sudah ada sekitar 28 ribu SRUT kendaraan listrik yang kita selesaikan,” jelas Menhub.

Artikel Terkait