Motor Listrik Arc Vector Senilai Rp1.7 Miliar Siap Dikirim

Arc Vector menegaskan bahwa perusahaannya sudah sehat dan siap mengirimkan unitnya ke konsumen setianya

Motor Listrik Arc Vector Senilai Rp1.7 Miliar Siap Dikirim
Photo: Arc Vector

TRENOTO – Motor listrik jenis sport yang dikembangkan Arc Vector diklaim paling canggih karena menggunakan teknologi paling mutakhir. Komponen yang disematkan pada kuda besi buatan Inggris ini juga berkelas sehingga meningkatkan gengsi para pemiliknya.

Arc merupakan merek sepeda motor asal negeri Ratu Elizabeth yang didirikan pada 2018. Perjalanan perusahaan tidak semulus yang diharapkan.

Meskipun mereka telah menggunakan berbagai cara untuk menggalang dana. Termasuk dengan menggandeng artis Hollywood kenamaan yakni Keanu Reeves.

Motor Listrik Arc Vector sendiri pemasarannya mandek selama 2 tahun. Ini terkait dengan proses administrasi perusahaan.

Iming-iming Vector sebagai kendaraan dengan teknologi paling canggih didunia bahkan tidak bisa membantu. Investor tidak kunjung datang, sehingga proses pengembangan hingga pengiriman motor terhambat cukup lama.

Pada 2019, perusahaan tersebut diklaim kesulitan keuangan sehingga tidak bisa memenuhi permintaan konsumen. Motor tersebut semula dijanjikan akan dikirim ke konsumen terus ditunda-tunda.

Tidak ada kabar lebih lanjut selama satu tahun, Mark Truman selaku CEO dan desainer Arc Vector berhasil menghidupkan kembali perusahaannya pada 2020.

Meskipun dinyatakan telah hidup kembali dan akan memulai bisnis, namun masih banyak pihak yang meragukan komitmennya. Banyak orang takut Arc akan tergelincir lagi dan tidur panjang kembali.

Mark belakangan menyatakan bahwa perusahaannya siap untuk melakukan pengiriman unit yang sudah dipesan jauh hari sebelumnya.

“Kami sudah memiliki buku catatan yang sangat sehat dan pelanggan melalui rangkaian commissioning baru kami di Inggris Tengah. Sepeda motor Arc akan disesuaikan secara individual sehingga seluruhnya merupakan unit yang unik,” ucap Mark seperti dikutip Visordown.

Photo : Arc Vector

Arc Vector harus diakui telah merancang sepeda motor listrik dengan bentuk unik. Kuda besi tersebut menggunakan rangka monokok yang menggunakan bahan dasar karbon fiber.

Sementara motor ini tidak memiliki fork alias forkless dan digantikan oleh swingarm dan ditopang oleh suspensi mono di depan maupun belakang.

Rancang bangun motor ini membuat baterai sebagai salah satu sumber daya kendaraan menjadi bagian penting dari motor. Karena baterainya menjadi bagian dari rangka motor.

Arc diklaim mampu memuntahkan daya 238 hp dan mampu dipacu hingga kecepatan 200 km/jam. Sementara akselerasinya dikatakan untuk menempuh 0 – 100 km/jam hanya butuh waktu 3.2 detik saja.

Motor Listrik Arc Vector dibanderol 9.000 pondsterling atau senilai dengan Rp1.7 miliar.

Artikel Terkait