Motor Listrik Honda Mulai Mengaspal 2024

Motor listrik Honda dikabarkan akan mulai dipasarkan ke masyarakat pada 2024 setelah penelitian pasar usai

Motor Listrik Honda Mulai Mengaspal 2024
Photo: istimewa

TRENOTO – Motor listrik Honda direncanakan meluncur pada 2024 dengan beberapa pertimbangan. Sementara kompetitornya yakni Yamaha mengumumkan rencana besarnya untuk melakukan tes pasar dengan motor listrik tahun ini.

Kedua pabrikan motor paling besar di Indonesia ini terlihat sangat berhati-hati untuk masuk ke segmen elektrifikasi. Bahkan langkah yang ditempuh beberapa tahun belakangan tidak mencerminkan keseriusannya dalam elektrifikasi.

Honda PCX Electric untuk pertama kalinya diperkenalkan pada 2019. Namun PT Astra Honda Motor (AHM) menggandeng mitra untuk memasarkan dengan sistem sewa.

Skema B2B pada Honda PCX listrik tersebut masih terus berlangsung hingga sekarang. Dikatakan bahwa pandemi membuat pihaknya menunda penelitian.

Photo : astra

“Honda PCX Electric kita launching di 2019, dari awal sampai sekarang masih B2B. Sejak diluncurkan dilalah ada pandemi covid pada 2020 dan 2021 sehingga secara studi dan sebagainya mengalami kemunduran,” kata Thomas Wijaya, Direktur Marketing PT AHM (25/04).

Ia mengatakan bahwa PCX Electric masih menjalani fungsinya sebagai motor dengan sistem sewa di sejumlah daerah. Honda PCX listrik saat ini digunakan di wilayah Jakarta, Bandung dan Bali.

Di daerah tersebut skutik gambot berlambang sayap mengepak melayani tugas operasional perusahaan. Pada umumnya motor listrik ini kerap terlihat di pameran otomotif.

Honda PCX Electric ditawarkan sebagai kendaraan fleet dengan tarif sewa Rp2 juta per bulan. Seiring dengan banyaknya unit yang disewakan, Honda sejatinya mempelajari beberapa aspek seperti performa, safety hingga rutinitas masyarakat dengan motor listrik.

Meskipun disebutkan di atas penelitiannya sempat tertunda, namun AHM diyakini sepakat untuk kembali memulai langkah elektrifikasi pada 2024. Artinya mereka akan memasarkan motor listrik untuk para konsumen setianya.

“Tentunya inline dengan apa yang disampaikan juga oleh partner kami, kita harapkan pada 2024 sudah bisa menemukan model sesuai. Mulai dari sisi penggunaan, infrastruktur, safety, keamanan, kenyamanan hingga performanya,” jelasnya kemudian.

Photo : istimewa

Menegenai modelnya, dirinya tidak menjelaskan secara terperinci apakah mulai memasarkan Honda PCX Electric atau mengenalkan model terbarunya.

“Kita terus lihat kondisinya bagaimana dengan kebutuhan konsumen. Kita akan sesuaikan untuk nanti bisa launching atau hadirkan model baru yang sesuai dengan kondisi di sini,” tutur Thomas.

Artikel Terkait