Motor Listrik Yamaha E01 Meluncur, Punya Baterai Portabel

Memiliki beragam keunggulan, motor listrik Yamaha E01 hadir di Thailand dengan baterai portabel di bawah kursi

Motor Listrik Yamaha E01 Meluncur, Punya Baterai Portabel
Photo: Greatbiker

TRENOTO – Mulai beralih ke kendaraan ramah lingkungan, motor listrik Yamaha E01 meluncur di Thailand. Hadir di Motor Show 2022, motor pabrikan Jepang ini sukses menarik minat konsumen.

Seperti dilansir Greatbiker, Selasa (29/2/2022), Yamaha E01 diklaim memiliki beragam keunggulan, salah satunya sistem pengisian daya baterai. Terdapat tiga jenis pengisian, pemilik bisa menggunakan sistem daya cepat, normal dan baterai portabel.

Khusus pengisian daya cepat, skuter listrik terbaru ini hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk mencapai 90 persen. Sedangkan pengisian normal, pemilik kendaraan harus meluangkan waktu 5 jam sampai terisi penuh atau 100 persen.

Bisa disimpan di bawah kursi, pengisian baterai portabel membutuhkan waktu hingga 14 jam. Saat baterai terisi penuh, pengendara mampu menempuh jarak hingga 104 kilometer apabila konsisten memacu kendaraan di kecepatan 60 kilometer per jam.

Meski demikian, kecepatan maksimal yang mampu dicapai yakni 100 kilometer per jam. Sedangkan akselerasi 0-50 kilometer per jam membutuhkan waktu 3,9 detik. 

Photo : Greatbiker

Dari sisi tenaga, motor berlambang garpu tala ini mampu menyeburkan tenaga hingga 11 hp pada 5.000 rpm dan torsi maksimal 30 Nm pada 2.000 rpm. 

Tak mengalami perubahan signifikan dibandingkan model konsep, Yamaha E01 memiliki sepasang lampu depan LED dengan tempat pengisi daya di bagian tengah. Garis desain juga terlihat sporti dan modern.

Mirip dengan Yamaha Nmax, motor ini mendapatkan setang kemudi cukup tinggi lengkap dengan adjustable windscreen. Bagian kaki-kaki kendaraan juga terlihat serupa dengan skutik bertubuh bongsor, khususnya pada bagian pelek.

Meski telah diperkenalkan secara resmi, konsumen belum bisa melakukan pembelian Yamaha E01. Namun, kabar yang beredar menyebut, harga motor tersebut berada di angka 150 ribu baht atau setara dengan Rp64 jutaan.

Photo : Greatbiker

Sebelumnya, pabrikan telah menampilkan dua model motor listrik dalam wujud konsep, yakni Yamaha E01 dan Neo yang merupakan realisasi dari Yamaha E02.

Kedua motor listrik Yamaha diharapkan mampu menjadi solusi mobilitas perkotaan yang relatif murah. Dari sisi pengisian baterai, motor ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.

Artikel Terkait