Mudik Naik Motor Tetap Tidak Disarankan di Lebaran 2023

Korlantas menghimbau masyarakat agar tidak mudik naik motor pada lebaran 2023 demi keselamatan selama di jalan

Mudik Naik Motor Tetap Tidak Disarankan di Lebaran 2023
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Korlantas (Korps Lalu Lintas) Polri tengah melakukan persiapan untuk lebaran 2023. Salah satunya dengan mengimbau masyarakat tidak mudik naik motor.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Irjen Pol Firman Shantyabudi, Kakorlantas Polri. Menurutnya pulang kampung tahun ini lebih baik menggunakan moda tranportasi lainnya.

Soalnya kecelakaan sering dialami oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor. Dengan begitu dia berharap masyarakat dapat lebih bijak memilih kendaraan untuk pulang ke kampung halaman.

Photo : NTMC Polri

“Kendaraan roda dua bisa dititipkan ke truk, angkutan laut hingga kereta api seperti pada tahun sebelumnya, saran ini lebih pada untuk keselamatan pengemudi,” ujar Firman seperti dikutip dari NTMC, Selasa (24/1).

Memang setiap tahun ada beberapa jasa pengiriman motor gratis diberikan ke masyarakat. Biasanya itu dilakukan oleh PT KAI (Kereta Api Indonesia) jelang lebaran.

Firman juga menyarankan agar pemudik bisa menggunakan jalan alternatif nantinya. Seperti jalur Pansela (Pantai Selatan) agar tidak terjebak kemacetan.

Oleh karenanya dia berharap masyarakat bisa melakukan pengecekan kendaraan sebelum mudik lebaran 2023. Demi terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Korlantas Pastikan Pansela Layak Jadi Jalur Mudik Lebaran 2023

“Imbauan kami ke masyarakat yang akan pulang kampung agar bisa tetap gembira melaksanakan mudik, pastikan kendaraan aman digunakan," tegasnya.

Dalam mempersiapkan jalur mudik 2023 mendatang, Korlantas Polri berkordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan. Sebab masih ada sejumlah jalan belum memiliki fasilitas memadai bisa menimbulkan kerawanan.

Terlebih banyak warga melakukan kegiatan pulang kampung pada malam hari. Sehingga rawan terjadi kecelakaan maupun tindak kriminal.

“Kita harapkan nanti menjelang Lebaran 2023 apa yang kemarin lebaran tahun lalu belum sempurna kita maksimalkan. Seperti jalan belum ada penerangan, belum ada pom bensin, tempat istirahat serta rumah makan,” lanjut Firman.

Photo : NTMC Polri

Selain itu terdapat sekitar 2.1 juta kendaraan meninggalkan Ibu Kota maupun sekitarnya pada mudik Lebaran 2022 Angka ini merupakan rekor tertinggi dibandingkan periode-periode lebaran dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Sebelumnya masyarakat yang mudik tahun lalu meningkat pesat dilihat dari data Kemenhub (Kementrian Perhubungan). Jumlahnya mencapai 85 juta orang sama14 juta di antaranya berasal dari daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

Artikel Terkait