New Yamaha Force X 2022 Meluncur Hadang Honda ADV

New Yamaha Force X 2022 meluncur dan digadang-gadang bakal menghadang Honda ADV yang sama-sama mengusung konsep petualang

New Yamaha Force X 2022 Meluncur Hadang Honda ADV
Photo: Yamaha China

TRENOTO – New Yamaha Force X 2022 hadir sebagai skutik adventure yang bisa jadi penantang Honda ADV. Motor ini untuk pertama kalinya dipasarkan di China dengan tampilan yang cukup agresif.

Sebagai kendaraan petualang, disebutkan kuda besi berlambang garpu tala ini nyaman di jalanan aspal maupun tanah. New Yamaha Force X 2022 menantang para petualang di negeri Tirai Bambu tersebut.

Membahas tampilan, motor ini dibekali wujud sporti dan lekukan bodi tajam-tajam. Di Indonesia, tampilan depan kendaraan terlihat seperti Gear seperti pada lampu utamanya.

Sementara alat kemudi atau setangnya model terbuka seperti X-Ride yang sama-sama mengusung konsep skutik petualang. Skutik ini memiliki paruh depan mirip skutik asal Taiwan yakni Kymco yang dikatakan cukup digemari di sana.

Meskipun new Yamaha Force X 2022 tetap disertakan spakbor depan untuk mengedepankan faktor estetika sekaligus keamanan. Sehingga saat melintasi jalan basah, cipratan air tidak naik ke permukaan yang bisa membahayakan pengendara.

Lalu sebegai motor petualang, ban yang digunakan juga mendukung motor untuk blusukan ke berbagai rute menantang. Adapun ban depan maupun belakang menggunakan diameter 10 inci dengan ukurang 100/90.

Photo : Yamaha China

Mesin new Yamaha Force X 2022 125 cc berpendingin udara dan telah disematkan teknologi Bluecore. Fitur Bluecore seperti diketahui juga telah dibenamkan pada motor-motor Yamaha di Indonesia seperti Mio M3 hingga Nmax.

Di atas kertas besaran tenaga yang mampu dihasilkan produk terbaru Yamaha China ini mencapai 8.1 hp pada 6.500 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 9.7 Nm pada 5.000 rpm.

Disebutkan bahwa bobot keseluruhan motor mencapai 92 kg. Angka ini lebih kecil daripada Yamaha Gear 125 yang mencapai 95 kg untuk varian standar.

Sedangkan tinggi tempat duduk new Yamaha Force X 2022 750 mm. Sejatinya pengendara dengan tinggi badan 165 cm bisa menapakkan kaki cukup nyaman.

Photo : Yamaha China

Saingan Honda ADV tersebut telah mengadopsi panel meter sepenuhnya digital. Namun sayangnya sistem penerangan alias lampunya masih menggunakan bohlam biasa alias halogen.

Hanya saja DRL pada motor ini telah mengandalkan lampu jenis LED.

New Yamaha Force X 2022 dibanderol 8980 Yuan atau setara Rp 20 jutaan.

Artikel Terkait