Panduan Memilih Oli Motor untuk Menghemat BBM

Harga BBM yang semakin mahal membuat masyarakat harus lebih efisien, berikut ini panduan memilih oli motor

Panduan Memilih Oli Motor untuk Menghemat BBM
Photo: AHM

TRENOTO – Oli pada sepeda motor memiliki tugas penting untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal. Di pasaran terdapat beberapa jenis oli yang ditawarkan dengan beragam keunggulan masing-masing.

Konsumen harus pintar dalam menentukan pilihan oli yang benar. Hal ini guna menjaga performa kendaraan tetap prima dan tentunya berimbas pada penggunaan bahan bakar lebih hemat.

Berikut panduan memilih oli motor nan tepat untuk menghemat BBM seperti dilansir Pertamina Lubricants dalam siaran resminya (31/08).

  • Oli Encer untuk Menghemat BBM

Dikatakan untuk menghemat penggunaan BBM pemilik kendaraan dapat menggunakan oli dengan tingkat keenceran rendah (oli encer). Salah satu contohnya bisa ditemukan pada Enduro Matic 10W-30.

Photo : Pertamina Lubricants

Pelumas jenis ini disebutkan cocok untuk penggunaan sepeda motor matic seperti Honda Beat, Genio, Scoopy, Vario 125, Yamaha Fazzio, Mio M3 dan lainnya.

  • Oli Kental untuk Perlindungan Ekstra

Oli kental diklaim cocok untuk penggunaan motor matic dengan kapasitas mesin lebih besar. Motor jenis ini membutuhkan perlindungan lebih terhadap beban dan keausan sehingga bisa menggunakan oli kental seperti Enduro Matic V 10W-40.

Pelumas kendaraan jenis tersebut dikatakan sangat cocok untuk motor matic 150 cc seperti Yamaha Nmax, Honda PCX 160, Vario 160, Vespa Sprint 150 hingga Yamaha Xmax dan Honda Forza.

Baca juga : Mengenal Perbedaan Oli Sintetis dan Mineral yang Bikin Mesin Awet

  • Pilih API Service yang Tepat

Kode API Service pada umumnya bisa ditemukan pada kemasan oli. Kode tersebut merupakan penentu spesifikasi oli yang dibuat oleh American Petroleum Institute.

Disebutkan bahwa kode oli di atas digunakan untuk mengukur tingkatan kemampuan oli sesuai tingkatan teknologi mesin.

Setiap mesin bensin memiliki kode API dengan huruf depan S. Setelah S terdapat huruf kedua sesuai abjad di belakang huruf tersebut.

Huruf kedua dan terdapat pada kode API menunjukkan tingkatan mutu oli (kode huruf alfabetis). Semakin tinggi peringkatnya maka urutan hurufnya akan semakin selaras.

Photo : 123RF

“Misalnya pada produk Enduro Matic V 10W-40 yang sudah menggunakan API SN. Ini merupakan standar API Service tertinggi sekarang untuk pelumas motor,” tutur Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL).

Artikel Terkait