Pesaing Vespa Elettrica Resmi Meluncur, Harga Rp18 Jutaan

Bajaj Auto Limited hadirkan pesaing Vespa dengan harga lebih terjangkau dan ramah lingkungan untuk menarik minat konsumen

Pesaing Vespa Elettrica Resmi Meluncur, Harga Rp18 Jutaan
Photo: Cartoq

TRENOTO – Pabrikan roda dua multinasional India, Bajaj Auto Limited secara resmi meluncurkan skuter listrik bernama Chetak di bawah naungan anak perusahannya Chetak Technology Ltd. Memiliki desain serupa, pesaing Vespa ini diharapkan mampu menarik minat konsumen karena harga yang ditawarkan lebih terjangkau.

Melakukan investasi terkait motor listrik, Chetak Technology mengumumkan bahwa pabrik terbarunya mampu memproduksi lebih dari 500 ribu kendaraan ramah lingkungan setiap tahunnya. Perusahaan juga menyebut bila lokasi tersebut juga menjadi pusat R&D, pengembangan dan pembuatan Kendaraan Listrik.

“Chetak adalah superstar asli Make in India yang memenangkan hati konsumen dunia. Sesuai dengan akar yang dirancang dan dibangun di India, motor listrik Chetak lahir dari R&D kami, pemahaman mendalam tentang produk & konsumen, serta keahlian manufaktur selama puluhan tahun,” kata Rajiv Bajaj, Ketua Chetak Technology Ltd dilansir Cartoq. 

Photo : Vespa Indonesia

Fasilitas yang dibagun juga telah terintegrasi dengan peralatan manufaktur robotik dan otomatis sehingga logistik dan penanganan material memiliki jaminan kualitas terbaik. Sistem ini digunakan dengan mempertimbangkan ergonomis pekerja dan efisiensi proses.

“Hari ini pada hari ulang tahun ke-84 mendiang Ketua Bajaj Auto Emeritus Shri Rahul Bajaj, kami telah memenuhi komitmen kami untuk membuka basis produksi Chetak pada Juni 2022. Fasilitas ini terfokus, terintegrasi dan dimaksudkan untuk menggerakkan Perjalanan Chetak kembali ke masa depan,” ujarnya.

Meski menggunakan perlengkapan robotik, pabrik yang digunakan juga membuka lapangan pekerjaan baru karena terdapat 800 orang pekerja saat ini.

Spesifikasi Chetak

Resmi dijual, Chetak memiliki dua pilihan varian yakni versi Urbane dan Premium. Khusus versi Premium, terdapat fitur tambahan seperti rem cakram, pilihan warna metalik dan jok berwarna cokelat sehingga lebih menarik dari sisi tampilan.

Photo : Drivespark

Dari sisi jantung pacu, kedua varian dibenamkan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga  5,7 hp. Tersedia juga baterai Lithium-ion dengan perangkat IP67.

Khusus perangkat ini tersedia  garansi 3 tahun atau 50.000 kilometer. Untuk mengisi baterai ke 25 persen, Bajaj menegaskan bila konsumen hanya membutuhkan waktu 1 jam, sehingga pengisian penuh bisa didapatkan hanya dalam 5 jam.

Chetak tampil modern karena dilengkapi beragam fitur canggih seperti instrument cluster full digital dan lampu depan LED. Perusahaan juga mengklaim bila lebih dari 14 ribu unit telah terjual hingga saat ini dan lebih dari 16 ribu pemesanan sudah dalam proses.

Terkait harga, versi Urbane dihargai Rs 1 lakh atau setara dengan Rp18.8 juta sedangkan versi Premium berharga sekitar Rs 1,15 lakh atau Rp21.7 jutaan.

Artikel Terkait