Piaggio Indonesia Resmi Bangun Pabrik di Indonesia

Piaggio Indonesia membangun pabrik perakitaan di Bekasi, Jawa Barat dan fokus untuk merakit Vespa di Tanah Air

Piaggio Indonesia Resmi Bangun Pabrik di Indonesia
Photo: TrenOto
  • Oleh Adi Hidayat

  • Selasa, 09 November 2021 | 17:12 WIB

TRENOTO – Setelah 10 tahun hadir di Tanah Air, PT Piaggio Indonesia akhirnya memberanikan diri untuk membangun pabrik mereka di Kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Kehadiran pabrik ini diklaim merupakan tahap pertama dan akan disusul dengan tahap-tahap berikutnya untuk mengembangkan produksi sepeda motor di Indonesia.

Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 55.000 M2 tersebut rencananya akan dibangun secara cepat dan memulai produksi pada akhir tahun 2022. Dengan kehadiran fasilitas tersebut, maka diharapkan bisa memperkuat posisi PT Piaggio Indonesia di Tanah Air.

Photo : TrenOto

“Kapasitas produksi dari pabrik adalah 10.000 unit per tahun dan Vespa akan menjadi fokus dari kegiatan operasional di fasilitas ini. Vespa pertama dari dan untuk Indonesia ini akan diluncurkan pada akhir 2022,” ungkap Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO PT Piaggio Indonesia.

Sayangnya Ia tidak menyebut seberapa besar komponen lokal yang akan dimasukkan oleh PT Piaggio Indonesia pada hasil produksinya. Namun pada tahapan awal, rasanya bukan tidak mungkin mereka hanya akan merakit komponen yang sudah diimpor.

Kehadiran pabrik Piaggio di Indonesia tersebut pun mendapatkan sambutan hangat dari Pemerintah Indonesia. Pasalnya mereka (pemerintah) menilai rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia masih terbilang rendah, bahkan untuk sepeda motor sekalipun.

“Untuk kendaraan roda empat, rasio kepemilikannya adalah 9 banding 1000 orang. Sementara untuk sepeda motor rasio kepemilikannya adalah 1 banding 6 orang,” ungkap Agus Gumiwang, Menteri Perindustrian Republik Indonesia.

Dengan masih rendahnya rasio kepemilikan kendaraan tentu akan menjadi sebuah keunggulan tersendiri, karena potensi pasar masih besar. Bahkan di tengah pandemi yang masih melanda Indonesia, jumlah penjualan sepeda motor pada 2021 justru menunjukkan hasil positf.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), jumlah penjualan sepeda motor di seluruh Indonesia hingga September 2021 sudah mencapai 3.761.407 unit. Angka tersebut selisih tipis dari target AISI tahun ini yaitu 4.3-4.6 juta unit.

Angka tersebut pun diperkirakan akan terus meningkat postif sehingga bukan tidak mungjn pada akhir tahun penjualan akan melampaui target.

Artikel Terkait